PSBB Diklaim Turunkan Angka Penyebaran Covid-19

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian (Dok. Kementerian Dalam Negeri)

KBRN, Jakarta : Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menunjukkan angka hasil penurunan penyebaran Covid-19 di Jakarta.

"Kemarin hampir minggu lalu 50 persen sebelum PSBB, itu data yang di Jakarta, tapi kemudian setelah PSBB turun menjadi 39 persen dari angka nasional," ujarnya di komplek kantor Bupati Bogor, di Bogor, Jawa Barat, Selasa (19/5/2020).

"Nah kalau kita bicara tentang Jakarta saya sampaikan dengan Gubernur DKI Jakarta tidak akan bisa melakukan langkah-langkah penanganan Covid-19 ini hanya berkutat di Jakarta. Kenapa? Karena Jakarta itu sudah menjadi megapolitan dengan kota-kota satelit sekitarnya, tidak ada batas alam, yang ada adalah batas administrasi pemerintahan saja," imbuhnya.

Ia melihat hubungan Jakarta dengan kota satelit di sekitarnya, berbeda dengan Bali yang jelas batas alamnya. Menurutnya ketika berbicara tentang Jakarta, tidak bisa lepas dari kota satelit sekitarnya, seperti Bekasi Raya, karena perbatasan antara Jakarta dengan Kabupaten Bekasi itu sudah tidak ada batas alamnya lagi.

"Jadi kalau kita bicara tentang Kabupaten Bekasi tidak bisa meninggalkan kota Bekasi, demikian juga di baratnya itu ada Tangerang Raya," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00