Boy Rafli Jadi Kepala BNPT

KBRN, Jakarta :  Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Inspektur Jenderal (Pol) Boy Rafli Amar sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggantikan Irjen Suhardi Alius yang dimutasi sebagai analis kebijakan utama Bareskrim Polri.

Pelantikan dilakukan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (06/05/2020), dengan mengedepankan protokol kesehatan, dimana tamu undangan dibatasi dan melakukan physical distancing serta menggunakan masker. Mengingat pelantikan ini digelar di tengah situasi pandemic virus corona (Covid-19).

Boy yang sebelumnya menjabat Wakil Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Wakalemdiklat) Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) diangkat sebagai Kepala BNPT berdasarkan Keputusan Presiden RI (Keppres) Nomor  86/TPA/Tahun 2020 tentang  Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Utama di Lingkungan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme. 

“ Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia dan taat kepada UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang – undangan dengan selurus-lurusnya. Bahwa saya akan menjaga integritas, tidak menyalahgunakan kewenangan serta menghindarkan diri dari perbuatan tercela,” ucap Jokowi yang diikuti Boy Rafli saat pengambilan sumpah jabatan.

Boy yang lahir di Jakarta, pada 25 Maret 1965 adalah lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1988. Perwira yang dikenal berpengalaman dalam bidang reserse itu, sebelum   ditunjuk sebagai Kepala BNPT pernah menduduki sejumlah posisi strategis di Polri.  Pada April 2017 hingga Agustus 2018, Boy  mengemban tugas  sebagai Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua.  

Boy juga pernah menjabat  Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, pada 2014,  dan selanjutnya dipromosikan menjadi Kapolda Banten, periode Desember 2014 hingga April 2016.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00