Erick Thohir : 35 RS BUMN Siap Tangani COVID-19

KBRN, Jakarta : Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menyatakan jika sebanyak 35 rumah sakit miliki BUMN sudah siap menangani pasien virus corona (covid-19) di Indonesia.

"BUMN mempunyai 65 rumah sakit, di mana 35 rumah sakit diantaranya sekarang sudah buat COVID-19" kata Erick dikutip dari Antara, Selasa (7/4/2020).

Ia menyebut secara total rumah sakit milik BUMN memiliki sekitar 7.000 tempat tidur, dan sebanyak 2.411 tempat tidur diperuntukan untuk menangani pasien virus corona.

Erick juga menyatakan jika pihaknya terus berupaya untuk menyediakan segala macam kebutuhan guna menangani virus corona di dalam negeri, baik dari alat kesehatan maupun obat-obatan dari pengadaan mandiri maupun sumbangan.

"kita berkoordinasi dengan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana). Selama ini BUMN dan BNPB saling support" katanya.

Erick juga menyebut jika pihaknya saat ini sedang menyiapkan Rumah Sakit Darurat yang dipusatkan di Hotel Patra Jasa Jakarta serta menjadikan Rumah Sakit Pertamina Jakarta sebagai RS rujukan pasien virus corona.

"Yang menarik dari RS itu nanti ada laboratoriumnya, kita BUMN sedang mengadakan hampir 10 lab di RS COVID-19" kata Erick.

Dalam Labolatorium itu, akan ada fasilitas polymerase chain reaction (PCR), dan disetiap lab ditargetkan alan mampu melakukan pemeriksaan sebanyak 1.000 tes per harinya.

"Mesin lab ini dari Swiss. Salah satu yang terinstal diharapkan di rumah sakit ini (RSPJ). Kalau nanti ini benar-benar berjalan akan kita distribusikan juga ke daerah seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat dan daerah lainnya" ucapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00