PT Transjakarta Sosialisasikan Wajib Gunakan Masker

KBRN, Jakarta : Selain PT KCI yang mengharuskan penggunanya wajib menggunakan masker di KRL, PT Transjakarta yang merupakan salah satu moda transportasi di DKI Jakarta mulai hari Senin (06/04/2020)  juga menerapkan sosialisasi Wajib Pakai Masker untuk mencegah penyebaran virus corona ini.  

Pelaksana Tugas (PLT) Direktur Utama PT Transjakarta Sekaligus Direktur Teknik dan Fasilitas Transjakart, Yoga Adiwinarto membenarkan jika pihaknya mulai hari ini sudah menjalankan kebijakan wajib menggunakan masker baqhkan pihaknya akan membagikan masker selama sosialisasi ini jika pengguna tidak membawa masker.

"PT Transjakarta sebenarnya mulai 16 Maret 2020 lalu sudah melakukan kebijakan tentang pentingnya social distancing di tengah pandemi corona ini, secara umum sampai saat ini masyarakatnya masih tertib, dan nantinya kami akan lakukan kebijakan wajib gunakan masker sesuai perinjtah Gubernur," kata Yoga kepada RRI, Senin (06/04/2020). 

Yoga menjelaskan bahwa sebenarnya masih ada satu dua yang masih saja melanggar kebijakan yang pihaknya buat. Sampai saat ini pihaknya sudah membuat kebijakan berupa pembuatan tanda di bangku pengguna transjakarta dan membatasi jumlah pengguna yang hanya boleh 30 orang setiap bus transjakarta yang beroperasi. 

Selain itu di halte-halte bus, pihaknya sudah mulai memberikan tanda di lantai tempat pengguna mengantri atau menunggu bus datang, hal itu dibuat untuk sekaligus membatasi dan mengingatkan para pengguna untuk tetap menjaga jarak.

"Kami sering melihat di halte-halte transit ada beberapa pelanggan yang kadang sudah sadar busnya penuh masih saja ada yang maksa untuk ikut, meskipun di dalam busnya juga sudah ada tanda dimana bangku yang boleh diduduki atau tidak," jelas Yoga.

Ia juga mengungkapkan bahwa pihaknya baru mengadakan kebijakan wajib menggunakan masker mulai hari ini saja, sebelumnya pihaknya hanya mengimbau pada para penggunanya saja. Maka nantinya dalam seminggu ini pihaknya akan lakukan sosialissi terlebih dahulu untuk melihat seberapa banyak masyarakat yang belum menggunakan masker. 

Ketika masih ada pengguna yang belum menggunakan masker maka nantinya pihaknya akan lakukan pembagian masker untuk pengguna yang belum gunakan masker dan jumlahnya pun terbatas mengingat jumlah pengguna transjakarta itu banyak.

"Anjuran dari saya coba diam dirumah saja hindari berpergian dulu, jika memang terpaksa harus bekerja dan menggunakan angkuitan umum maka patuhilah kebijakan-kebijakan yang berlaku dan jika ada arahan dari petugas mohon diikuti," pungkas Yoga.

(Foto:istimewa)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00