Darurat Covid-19, Menag Minta Percepat Distribusi Zakat bagi Mustahik

KBRN, Jakarta: Menteri Agama mendorong Baznas dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) untuk mempercepat pembayaran dan pendistribusian zakat harta (mal) ke masyarakat.

"Saya sudah siapkan edaran untuk pimpinan Baznas, pusat hingga daerah, LAZ, Forum Zakat, BWI, dan LKS-PWU. Saya minta mereka untuk mempercepat pembayaran dan pendistribusian zakat," terang Menag di Jakarta, Sabtu (04/04).

Menag juga minta Badan Wakaf Indonesia (BWI) serta Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang (LKS-PWU) dan para nazhir wakaf untuk menggerakkan wakaf uang.

Nantinya biaya wakaf yang terkumpul akan digunakan untuk fasilitas penanganan wabah Covid-19 serta membantu masyarakat ekonomi bawah yang terdampak kondisi darurat ini.

Menag meminta lembaga yang bergerak dalam pengelolaan zakat untuk mengajak umat Islam yang telah memenuhi kewajiban membayar zakat mal (zakat harta) untuk menunaikannya sebelum Ramadhan 1441H. Sehingga, zakat mereka bisa tersalurkan kepada mustahik yang membutuhkan.

Termasuk dalam kategori ini adalah rumah tangga miskin, pekerja harian di sektor informal, kaum ekonomi lemah serta mustahik lainnya.

Kegiatan pendistribusian zakat yang sifatnya harus dilakukan secara tatap muka, maka perlu memperhatikan protokol kesehatan, seperti pembatasan jarak fisik dan menghindari kerumunan.

"Kondisi darurat kesehatan akibat wabah Covid-19 adalah momentum untuk mawas diri, memperkuat solidaritas semua komponen bangsa untuk bersatu menghadapinya," pesan Menag.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00