PLN Jelaskan Cara Dapat Diskon Khusus Pelanggan Listrik 450 VA, 900 VA dan Pra Bayar (Token)

KBRN, Jakarta : Perusahaan Listrik Negara (PLN) hingga saat ini terus berupaya memberikan kemudahan bagi 24 juta pelanggan listrik kategori rumah tangga 450 Volt Ampere (VA). Pelanggan 450 VA mendapatkan listrik gratis begitu juga dengan 7 juta pelanggan kategori rumah tangga 900 VA.

Mereka merupakan pelanggan PLN dalam kategori bersubsidi yang mendapatkan keringanan potongan (diskon) sebesar 50 persen. Diskon berlaku masing-masing untuk pelanggan 450 VA dan 900 VA selama periode 3 bulan kendepan, terhitung sejak April, Mei dan Juni 2020.

Sementara itu bagi 11 juta pelanggan yang menggunakan kWh meter prabayar (token) maka pelanggan tersebut akan juga tetap mendapatkan diskon token listrik berdasarkan penggunaan terbesar selama 3 bulan terakhir.

Sementara itu hingga saat ini PLN sudah berhasil menyediakan listrik gratis atau diskon untuk 8,5 juta pelanggan pra bayar (token) terhitung sejak pukul Sabtu (4/4/2020). Sedangkan token untuk 2,5 juta pelanggan lainnya akan diperbaharui secara bertahap paling lambat hingga tanggal 11 April 2020.

“Sudah 8,5 juta pelanggan prabayar yang kami input token gratis atau pun diskonnya. Saat ini layanan utama untuk mendapatkan token tersebut kami arahkan melalui website www.pln.co.id,” kata President Corporate Communication & CSR PLN I Made Suprateka kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (4/4/2020):

“PLN sudah sudah menambah kapasitas situs tersebut hingga empat kali lipat dari kondisi tertinggi sebelumnya,” jelasnya kepada wartawan.

Menurut PLN, layanan token listrik gratis untuk pelanggan rumah tangga 450 VA dan 900 VA bersubsidi dapat didapatkan dengan cara: 

1. Buka Alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19.

2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.

3. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

PLN juga menyiapkan layanan WhatsApp (WA) melalui nomor 08122123123. Hingga Sabtu (4/4) pagi, namun ternyata ada sedikit kendala dan sedang dalam perbaikan kapasitas server, agar dapat segera diakses kembali servernya. Diharapkan layanan WhatsApp dapat beroperasi normal pada Senin (6/4/2020).

"Kami mohon maaf karena WhatsApp (WA) belum bisa beroperasi maksimal karena terbatasnya kapasitas. Bayangkan jutaan orang mengirim pesan bersamaan. Oleh karena itu, kami terus melakukan komunikasi agar bisa beroperasi kembali, targetnya Senin sudah operasi normal," terangnya. 

Sementara itu melalui layanan Whatsapp, maka token listrik bisa didapatkan dengan cara:

1. Buka Aplikasi WhatsApp.

2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123, ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.

3. Token gratis akan muncul

4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Dirinya menambahkan untuk pelanggan rumah tangga 450 VA yang menggunakan kWh meter pascabayar, biaya rekening bulan April akan langsung digratiskan.

Kemudian pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi yang menggunakan kwh meter pascabayar, rekening yang harus dibayarkan pada setiap bulannya akan dikurangi 50 persen. 

"Kami menyadari di situasi seperti saat ini, baik listrik gratis ataupun diskon ini sangat dibutuhkan oleh saudara-saudara kita yang kurang mampu. Kami akan pastikan semua pelanggan yang berhak harus mendapatkan haknya," pugkas I Made Suprateka. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00