Banjir Jakarta : Perkampungan Kawasan Komodor Halim Terdampak Paling Parah

KBRN, Jakarta : Banjir Jakarta sudah masuk level terparah sejak terakhir kali genangan terhebat pada 1990-an silam. 

Salah satu yang terdampak sangat merugikan masyarakat adalah di Jalan Komodor Halim, Jakarta Timur, tepatnya di Gang Kamboja.

Akibat intensitas hujan sangat tinggi sejak Senin malam kemudian berlanjut dini hari hingga Selasa pagi, sungai meluap dan arusnya keras datang menghantam permukiman warga Jalan Kamboja.

"Sampai evakuasi anak-anak dan lansia, terus ibu-ibu juga pakai tali. Soalnya arusnya kuat sekali kita takut jadinya. Gak pernah seperti ini, baru tahun ini," ujar VN warga setempat kepada RRI, Selasa (25/2/2020).

BACA JUGA: Banjir Jakarta : Warga Jalan Komodor Halim Gang Kamboja Dievakuasi Pakai Tali

Tinggi permukaan air yang masuk perkampungan penduduk sudah mencapai dada orang dewasa atau sekitar 400 cm.

"Tapi di jalan raya di luar permukiman sebatas betis orang dewasa. Perkampungan di bawah yang parah. Masih takut warga mau ke sana, tunggu Tim SAR dulu," tambah VN.

Seperti diberitakan RRI sebelumnya, Banjir di Jakarta semakin tak terkendali, bahkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI sekalipun seolah kehilangan upaya karena setiap intensitas hujan tinggi, Jakarta pasti terbenam. 

Sejak awal 2020, banjir Jakarta menjadi yang paling parah dalam sejarah Ibu Kota sejak banjir parah terakhir di era 90-an yang membenamkan seluruh kawasan Jalan Perintis Kemerdekaan.

Kali ini, paling parah bagi warga setempat adalah kawasan Jalan Komodor Halim, tepatnya di Gang Kamboja, Jakarta Timur.

BACA JUGA: Banjir Jakarta Hantam Beberapa Kantor Kemenkeu, Sri Mulyani Ungkap Keprihatinan via IG

Karena intensitas hujan tinggi sejak malam berlanjut dini hari sampai pagi ini, Sungai meluap dan banjir bandang menghantam permukiman dengan arus cukup kencang.

"Warga sampai menggunakan tali untuk menyeberang mencari tempat aman. Kayak kegiatan pramuka aja," terang VA warga setempat kepada RRI, Selasa (25/2/2020).

Para petugas kebersihan dari Kelurahan dan Kecamatan setempat nampak bahu membahu mengangkat sampah-sampah yang terbawa arus sungai agar tidak menyumbat saluran air hingga nantinya genangan di rumah warga bisa cepat surut.

Untuk diketahui, sampai Istana Merdeka Jakarta juga terendam air pagi tadi. Banjir Jakarta sudah memasuki level terburuknya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00