Ketua MPR : Kemenhan Bisa Rekrut 25.000 Milenial Sebagai Komcad Pertahanan Negara

KBRN, Jakarta : Rencana Kementerian Pertahanan (Kemenhan) yang akan membentuk Komponen Cadangan (Komcad) Pertahanan Negara untuk memperkuat komponen utama TNI ketika negara dalam keadaan bahaya/darurat, mendapat tanggapan positif dari Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo.

Ketua MPR mendukung rencana Kemenhan yang akan membentuk Komcad Pertahanan Negara, serta berharap Kemenhan dapat merekrut 25.000 milenial untuk bergabung sebagai Komcad sesuai dengan target pemerintah.

"Saya mendorong pemerintah untuk segera menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) terkait Komcad Pertahanan Negara agar dapat segera disosialisasikan kepada masyarakat, mengingat hingga kini PP tersebut masih dalam proses pembahasan akhir di Sekretariat Negara (Setneg)," ujar pria yang karib disapa Bamsoet ini, melalui keterangan resmi yang diterima RRI PRO3, Jumat (21/2/2020).

BACA JUGA: Kemhan: Komponen Cadangan Bukan Wajib Militer dan Pendaftaran Suka Rela

Selain itu, dirinya kembali mendorong Kemenhan melalui Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan (Ditjen Pothan Kemenhan) untuk bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dalam mengkampanyekan program Komcad Pertahanan Negara yang disampaikan melalui berbagai platform termasuk media sosial, guna menarik minat para milenial untuk masuk dan terlibat dalam sistem pertahanan negara.

"Masyarakat harus didorong berpartisipasi dalam program tersebut. Khususnya masyarakat yang berusia 18-35 tahun agar mendaftarkan diri secara sukarela untuk menjadi bagian dari Komcad Pertahanan Negara yang nantinya akan diseleksi dan diberikan pelatihan dasar militer selama tiga bulan terlebih dahulu, sesuai dengan amanat yang dicantumkan melalui Undang-Undang Nomor 23 tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN)," kata Bamsoet menambahkan. (Foto: Ant/Dhemas Reviyanto)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00