Kenali Serangan Jantung Mendadak di Pagi Hari

KBRN, Jakarta: Aktor sekaligus suami dari Bunga Citra Lestari, Ashraf Sinclair, yang meninggal dunia hari ini pada pukul 04.51 wib pada Selasa (18/02/2020) cukup mengejutkan. Almarhum diduga meninggal dunia akibat serangan jantung. 

Sebelumnya diketahui bahwa Aktor dan model ini tidak pernah menampakkan dirinya sakit, ia selalu terlihat bugar dan sehat dalam aktivitas kesehariannya. 

Namun apa yang sebenarnya terjadi, mengapa serangan jantung bisa datang secara mendadak pada orang yang terlihat bugar? Mari kita bahas melalui pernyataan beberapa sumber.

Saat dikutip dari Wikipedia Selasa (18/02/2020), Serangan jantung atau infark miokardial adalah terhentinya aliran darah, meskipun hanya sesaat, yang menuju ke jantung, dan mengakibatkan sebagian sel jantung menjadi mati. Penyebab terbanyak serangan jantung diakibatkan penyumbatan pembuluh darah.

Selain itu serangan jantung juga sering terjadi tiba-tiba dan bisa datang kapan saja, bahkan di pagi hari. Sebenarnya malah kebanyakan orang mengalami serangan jantung di pagi hari.

Para ahli menyatakan bahwa hal tersebut berkaitan dengan jam biologis tubuh. Di pagi hari, tubuh secara otomatis akan mempersiapkan semua organ untuk kembali bekerja dengan normal. 

Sedangkan sebelumnya organ-organ tubuh bekerja dengan lambat, karena di malam hari kita beristirahat. Ibaratnya, setiap pagi tubuh akan melakukan “pemanasan” pada setiap organnya, termasuk jantung dan pembuluh darah. Permintaan darah dan makanan meningkat di dalam tubuh, sehingga jantung harus memompa darah lebih cepat. Sementara pembuluh darah cenderung menyempit di pagi hari. Hal ini yang membuat jantung semakin bekerja keras.

Seseorang yang mengalami serangan jantung di pagi hari, biasanya akan mengalami tanda-tanda atau gejala awal seperti sulit bernapas tiba-tiba, dada terasa tidak nyaman dan berdebar-debar, sakit pada bagian lengan dan leher, keringat dingin, mual, dan kepala terasa ringan. 

Nah, ketika Anda atau keluarga Anda mengalami gejala-gejala di atas di pagi hari, segeralah datang ke klinik atau rumah sakit terdekat untuk mendapat observasi dan diagnosis yang tepat. Jika itu memang serangan jantung, petugas kesehatan akan memberikan penanganan agar nyawa Anda bisa terselamatkan. (foto:istimewa)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00