Virus Corona Sudah Ada Sejak Ratusan Tahun Lalu

KBRN, Jakarta : Virus Corona ternyata telah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Namun corona yang saat ini tengah ramai diperbincangkan adalah jenis terbaru.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Anung Sugihantono menjelaskan, virus corona yang baru sesungguhnya mirip dengan Virus Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS), dan Virus Middle East Respiratory Syndrome (MERS).

Sebenarnya kalau kita ngomong virus corona, SARS, dan MERS itu juga bagian dari virus corona. Jadi itu sudah 100 tahunan yang lalu kita mengenal virus itu.

"Sebenarnya kalau kita ngomong virus corona, SARS, dan MERS itu juga bagian dari virus corona. Jadi itu sudah 100 tahunan yang lalu kita mengenal virus itu," katanya dalam wawancara dengan Radio Republik Indonesia, Selasa (28/1/2020).

"Ini virus. Virus corona itu sudah kita kenal sejak 100-an tahun yang lalu sebenarnya. Tapi yang novel baru dikenal kemarin," lanjutnya.

Meski demikian, diakuinya virus corona yang sekarang merupakan jenis baru. Pihak China yang menjadi negara asalpun belum begitu yakin kalau virus mematikan itu berasal dari binatang apa.

"Dimana dia berada hostnya siapa, apakah benar di hewan atau sudah di manusia sebagai host dan sebagainya belum," ujarnya.

Parahnya, virus corona baru yang sudah banyak memakan korban kini dilaporkan bisa menular dari manusia ke manusia.

"Sekarang digelisahkan sekarang itukan sebenarnya gejala tandanya kepada manusia," pungkasnya. (Foto : Antara/ Novrian Arbi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00