Dewas KPK Restui Penggeledahan Tempat Wahyu Setiawan

KBRN, Jakarta : Ketua Dewan Pengawas (Dewas) KPK, Tumpak Hatorangan Panggabean bersama 4 anggota Dewan Pengawas KPK lainnya yaitu Harjono, Albertino ho, Artidjo Alkostar dan Syamsudin Haris menggelar jumpa pers. Dalam keterangannya, Dewas KPK memberikan waktu 1x24 jam untuk penyidik lembaga antirasuah tersebut melakukan penggeledahan terkait kasus OTT mantan Komisoner KPU, Wahyu Setiawan, Selasa (14/01/2020).

"1x24 jam sejak permohonan itu diajukan. Jadi perhatikan saja, mungkin belum ada diajukan. Kalau sudah diajukan 1x24 jam, kasus kemarin penggeledahan sudah kami berikan izin dan mereka sudah menggeledah kan," ungkap Tumpak di gedung ACLC, Jakarta Selatan.

Tumpak menegaskan, bahwa Dewas KPK hanya memberikan izin 1x24 jam sejak permohonan itu diajukan, dan permohonan itu hanya berlaku selama 30 hari. Maksudnya adalah, dalam 30 hari izin itu berlaku, dan pemeriksaan dilakukan hanya untuk 1x24 jam saja, alias satu hari penuh, pukul 00.01-24.00 WIB.

"Itu bukan menjadi masalah di kami (Dewas KPK). Penyidik punya strategi kapan harus menggeledah, itu tidak kami campuri, kami hanya memberikan izin 1x24 jam sejak pengajuan permohonan. Kapan mereka mau menggeledah? Terserah dia, cuma dalam izin kami sebutkan hanya berlaku selama 30 hari untuk penggeledahan, kapan (dilakukan)? Itu kewenangan penyidik," tegas Tumpak.

Dirinya lanjut menjelaskan, bahwa pihaknya sudah bertemu dengan deputi penindakan, termasuk jaksa penuntut umum. Dewas KPK juga sudah menyepakati bagaimana prosedur meminta izin, dan bagaimana mengeluarkan izin, dan itu sama sekali tidak menghambat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00