Gempa 7,4 Guncang Malut dan Sulut, BMKG Keluarkan Status Potensi Tsunami

KBRN, Ternate: Gempa dengan magnitudo 7,4 Skala Ricer (SR) mengguncang Provinsi Maluku Utara (Malut), pukul 23:17:41 WIB, Kamis (14/11/2019).

Badan meteorologi dan geofisika (BMKG) Ternate langsung mengeluarkan peringatan dini terjadinya tsunami pasca gempa dengan magnitudo 7,4 yang berlokasi:1.63 LU, 126.40 BT (134 km BaratLaut JAILOLO-MALUT), dengan kedalaman:10 Km.

Peringatan dini yang dikeluarkan BMKG tersebut diharapkan agar masyarakat mengikuti arahan peringatan dini TSUNAMI dari BPBD, BNPB dan BMKG.

Saran dan arahan status peringatan:

  • AWAS: Pemerintah Provinsi/Kab/Kota yang berada pada status "Awas" diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk melakukan evakuasi menyeluru.
  • SIAGA: Pemerintah Provinsi/Kab/Kota yang berada pada status "Siaga" diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk melakukan evakuasi.
  • WASPADA: Pemerintah Provinsi/Kab/Kota yang berada pada status "Waspada" diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan tepian sungai.

Daerah yang berpotensi tsunami berdasarkan pemodelan adalah, Halmahera (Malut) dengan status peringatan ‘Waspada’, Kota Bitung dengan status peringatan ‘Waspada’ dan kota Ternate (Malut) dengan status peringatan ‘Waspada’.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00