Demo Mahasiswa, Polda Metro Jaya Kerahkan 9.000 Pasukan Gabungan

KBRN, Jakarta : Polda Metro Jaya mengerahkan 9.000 personel untuk mengantisipasi aksi unjuk rasa yang dilakukan mahasiswa dari sejumlah universitas di seputaran Jakarta yang akan menggelar demonstrasi pada Senin (28/10/2019).

Kepala Biro Operasi (Karo Ops) Polda Metro Jaya Kombes Pol Albert Teddy Benhard Sianipar juga menjelaskan bahwa aksi unjuk rasa akan dilakukan dari beberapa pihak seperti mahasiswa dan buru. Menurut informasi yang diterima akan ada 3.000 sampai 5.000 pasukan yang akan turun ke jalan.

"Kita siapkan 9.000 personil. Jadi pada prinsipnya untuk jumlah massa yang kita terima itu ada sekitaran 3.000 sampai 5.000 itu nanti meliputi beberapa elemen yaitu mahasiswa dan buruh," jelasnya kepada RRI, Senin (28/10/2019).

Ia juga mengatakan bahwa Polda Metro Jaya sudah menyiapkan water canon dan gas air mata hanya untuk mengantisipasi saja. Sementara itu, setiap personil dibekali alat pengendali huru-hara seperti tongkat dan tameng.

Selain itu, untuk rekayasa lalu lintas, polisi mengalihkan lalu lintas dari arah Medan Merdeka Timur ke Medan Merdeka Utara menuju Jalan Perwira.

"Jadi di area patung kuda itu kurang lebih disekitar gedung sapta pesona itu sudah ditutup, itu tadi menjadi area batasan dari rekan-rekan melakukan titik kumpul dan melaksanakan orasi sementara pintu masuknya, jadi dari harmoni kemudian veteran 1, 2, 3 lalu dari area gambir itu ditutup termasuk juga yang dijalan abdul muis yang tembus ke majapahit itu juga ditutup. Nah diharapkan nanti seluruhnya ini terkonsentrasi di area patung kuda dan tidak berbenturan dengan aktivitas pengguna jalan lainnya," tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00