Presiden Umumkan Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka

KBRN, Jakarta : Presiden Joko Widodo secara resmi telah mengumumkan nama kabinetnya periode 2019-2024 yaitu Kabinet Indonesia Maju. Dengan didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Presiden mengumumkan 34 orang tokoh yang menjadi menteri di kabinetnya.

Mereka yang menjadi menteri di Kabinet Indonesia Maju yaitu : 

Mahfud MD sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Airlangga Hartarto sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Muhadjir Effendy sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Luhut Binsar Panjaitan sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan Pratikno Menteri Sekretaris Negara Tito Karnavian sebagai Menteri Dalam Negeri Retno Marsudi Menteri Luar Negeri RI Fahrul Razi sebagai Menteri Agama Yasonna H Laoly sebagai Menteri Hukum dan HAM Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan Nadiem Anwar Makariem sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Jend DR Terawan Agus Putranto sebagai Menteri Kesehatan Juliari P Batubara sebagai Menteri Sosial Ida Fauziyah sebagai Menteri Tenaga Kerja Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai Menteri Perindustrian Agus Suparmanto sebagai Menteri Perdagangan Arifin Tasrif sebagai Menteri ESDM Basuki Hadi Mulyono sebagai Menteri PUPR Budi Karya Sumadi sebagai Menteri Perhubungan  Johny G Plate Sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika Syahrul Yasin Limpo sebagai Menteri Pertanian Siti Nurbaya Bakar Sebagai Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Edy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Abdul Halim Iskandar sebagai Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal Sofyan Djalil Menteri Agraria dan Tata Ruang / Kepala BPN Suharso Monoarfa sebagai Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional / Kepala Bappenas Tjahyo Kumolo sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Erick Thohir sebagai Menteri BUMN Teten Masduki sebagai Menteri Koperasi dan UKM Wishnutama Kusubandio Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif I Gusti Ayu Bintang Dharmawati Menteri Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak  Bambang Brodjonegoro sebagai Menteri Riset dan Teknologi & Badan Riset Inovasi Nasional Zainuddin Amali sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga Moeldoko tetap sebagai Kepala Staff Kepresidenan Pramono Anung tetap sebagai Sekretaris Kabinet Bahlil Lahadalia sebagai Kepala BKPM 

S.T. Burhanuddin sebagai Jaksa Agung

Presiden pun dalam kesempatan tersebut berpesan agar tidak ada korupsi dalam Kabinet Indonesia Maju Periode 2019 - 2024. Selain itu, tidak ada visi misi menteri, karena yang ada hanya visi misi Presiden. Tak Lupa, Presiden juga menekankan kepaqda para pembantunya untuk bekerja cepat, serius dalam bekerja, dan berorientasi pada hasil nyata.  

"Saya berpesan Jangan korupsi, ciptakan sistem yang menutup peluang korupsi. Kemudian Tidak ada visi misi menteri, yang ada hanya visi misi presiden. Semua harus Kerja cepat, kerja keras, dan produktif. Selain itu juga jangan terjebak pada rutinitas yang monoton. Semua harus berorientasi pada hasil nyata. Selalu cek masalah di lapangan, serta serius dalam bekerja." Pesan Presiden dengan didampingi Wapres Ma'ruf. 

Pengumuman Kabinet Indonesia Maju dilakukan Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf di anak tangga teras depan Istana Merdeka Jakarta. Baik Presiden dan Wapres serta para menteri semua duduk bersama-sama di anak tangga. Mereka kompak mengenakan pakaian bernuansa batik. (PR)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00