Khofifah: Upaya Pencegahan Korupsi Dapat Melalui Pendekatan Budaya

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kanan) bersama Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri (tengah) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kiri) menghadiri pembukaan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2022 di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (1/12/2022). (ANTARA FOTO/Moch Asim/rwa)

KBRN, Jakarta: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, upaya pencegahan korupsi di Indonesia dapat dilakukan melalui pendekatan budaya. Satu di antaranya melalui kesenian, yang dapat masuk dan meresap ke semua lini.

"Kita menyiapkan lagu anti korupsi, Insya Allah 5 Desember akan dibawakan seluruh guru SMA, SMK, SLB se-Jawa Timur. Ini juga betapa pendekatan secara kultural kemudian berkesenian ruh anti korupsi masuk di semua lini," kata Khofifah dalam Dialog Hari Anti Korupsi Se-dunia dan Upaya Kongkrit Pemberantasan Korupsi untuk Mewujudkan Pemerintahan Daerah yang Bersih dan Korupsi, yang disiarkan RRI, Kamis (1/12/2022).

Menurutnya, meski nantinya akan ada hukuman, hal itu merupakan proses setelah adanya penindakan, penyidikan, dan sebagainya. Namun aspek pencegahan korupsi harus dibangun dari sikap secara personal, komunitas, kemudian sistem. 

"Sistem itu harus sama-sama bergerak jadi secara personal bergerak, secara sistem bergerak, kemudian payung dari proses regulasi itu bergerak. Jadi ini personal, lokal, regional, nasional, pergerakannya harus bersama sama," ucapnya.

Tempat yang sama, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengapresiasi warga net yang berani menyuarakan dugaan pelanggaran di tubuh pemerintahannya. "Mata-mata saya netizen," ujar Ganjar. 

"Masyarakat itu sekarang bisa mendapat pelayanan buruk di video. Lalu dilaporin, pak pelayanannya buruk, kami dimintain duit, coba mau sembunyi gimana, semua punya handphone," kata Ganjar. 

Lebih jauh, Ganjar mengungkapkan, membangun anti korupsi harus dimulai dari atas. Sebab, budaya di Indonesia paternalisme atau mempunyai sikap superioritas dalam memutuskan kebijakan. 

"Dari bawah ya dari atas nanti bertemunya bisa di tengah-tengah. Bawah atau tengah, atas mana yang lebih cepat," ujarnya. 

Kota Surabaya Jawa Timur menjadi salah satu tuan rumah peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia). Radio Republik Indonesia (RRI) dipercaya untuk mengelar acara dialog yang bertemakan 'Indonesia Pulih, Bersatu, Berantas Korupsi' pada Kamis (1/12/2022). 

Dialog diikuti Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Selain itu juga diikuti Ketua KPK Firli Bahuri.