Jadikah Bertambah Kursi DPRK Aceh Barat Pemilu 2024

KBRN, Meulaboh : Walaupun tahapan pemilu untuk pemilihan Anggota DPR di Indonesia masih mempunyai waktu yang masih lama akan tetapi sejumlah tokoh politik tentunya tak luput selalu melihat peluang dan aturan terkait penambahan jumlah Anggota DPRK  untuk tahun 2024 -2029 hal ini pernah terhembus pada tahapan Pemilu sebelumnya.

"Alokasi jumlah kursi anggota DPRK Aceh pemilu 2024 belum ada usulan kita masih menunggu  Pada awal tahun 2022 baru ada signal apakah Aceh Barat mendapatkan  penambahan kursi DPRK atau tidak," Kata Ketua KIP Aceh Barat, T. Novian Nukman, SP kepada RRI di Meulaboh, Kamis (09/09/2021).

Catatan kependudukan yang mendukung kouta kursi DPRK Barat menjadi 30 atau tetap pada kursi 25 tersebut.

"Data Kependudukan itu dilihat dari jumlah data yang tercatat  pada dinas catatan sipil yang dikirimkan ke kementerian dalam negeri serta Komisi Pemilihan umum KPU pusat." Ucapanya.

Sementara itu Ketua Partai Golkar Aceh Barat, Said Rizky saifan, SE menyebutkan bahwa terkait  alokasi kursi DPRK Aceh Barat dengan dinas terkait tentang kependudukan.

"Memang ini kita sudah bahas terkait jumlah penduduk dengan pihak Dinas catatan sipil Aceh Barat, karena  untuk mendapatkan alokasi kursi 30 kursi DPRK Aceh Barat masih terbentur jumlah masyarakat yang tercatat di catatan sipil masih di  198.000 jiwa sementara untuk bisa mendapatkan 30 kursi penduduk Aceh Barat dengan jumlah penduduk di atas 2 Ribu jiwa lebih." Ucapnya.

Dia sangat yakin  terkait capaian jumlah penduduk, hal ini dilihat dari kota Subulussalam yang bisa ada tambahan penduduk, apa lagi Aceh Barat kabupaten tertua.

"Kita juga punya peluang untuk mencapai 2 ribu jiwa tersebut ada beberapa hal temuan, seperti banyak warga pendatang ke Aceh Barat yang masih tercatat bukan warga Aceh Barat, hal ini bisa kita dorong agar mereka mau mengubah data kependudukan  menjadi warga Aceh Barat." Tuturnya.

Tokoh Muda Politik Golkar ini juga menyebutkan Kecamatan johan Pahlawan dengan jumlah penambahan penduduk sangat tinggi khusus pendatang pekerja untuk wilayah Aceh Barat dalam 2 tahun ini penambahan 2 ribu jiwa DPRK Aceh Barat sudah mencukupi syarat mendapat 30 Kursi.

"Kita hanya perlu Singkron data termasuk juga warga yang sudah tidak tinggal lagi di Aceh Barat."ungkapnya.

Penambahan Kouta 5 kursi DPRK aceh Bart bukan keuntungan untuk elit politik saja, tapi juga menambah  tenaga pengawasan dan juga anggaran dari pemerintah.

Sementara ini 25 kursi DPRK Aceh Barat Periode 2019 -2024 di isi oleh partai politik saat ini Partai Aceh (PA) sebagai partai peraih suara terbanyak, menempatkan kadernya dengan meraih 6 kursi.

Lalu disusul Partai Gerindra, Golkar dan PAN yang masing-masing meraih empat kursi. Kemudian Demokrat 3 kursi; PPP 2 kursi; PPP dan PKS masing-masing 1 kursi.

Selain itu saat ini sejumlah partai baru juga mulai mempersiapkan diri untuk memperoleh simpati masyarakat, serta pengurusan pengurus untuk lolos dalam Verifikasi peserta pemilu 2024 nantinya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00