Universitas Teuku Umar Gelar SIMBA Sambut 1.970 Mahasiswa Baru

Foto Dok Humas UTU.jpeg

KBRN, Meulaboh: Pihak Rektorat kampus Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat menyambut kedatangan 1.970 mahasiswa baru dengan mengadakan Silaturrahmi Mahasiswa Baru (Simba) di Gedung Kuliah Terintegrasi.

"Dengan dimulainya SIMBA di tingkat Universitas, maka mahasiswa baru secara resmi telah diterima untuk bergabung di Universitas Teuku Umar," kata Rektor Universitas Teuku Umar, Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si, dalam siaran pers Humas UTU diterima rri.co.id, Jum'at (19/8/2022).

Kegiatan SIMBA secara tatap muka ini dilakukan untuk pertama setelah dua tahun berturut-turut dilakukan secara online karena pandemi Covid-19. Kegiatan tersebut diisi oleh berbagai narasumber. 

Pada masa studi mendatang, mahasiswa diharapkan menjadi pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab selama menempuh pendidikan di UTU. Mengembangkan bidang keilmuan dan bidang minat di luar kompetensi keilmuan yang terdapat di program studi masing-masing. 

Sebelum memasuki ruangan, Rektor Universitas Teuku Umar, Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si menyambut dan melakukan prosesi "Peusijuk" kepada mahasiswa Baru Universitas Teuku Umar tahun 2022 yang berlangsung di gerbang utama kampus UTU, Alue Penyareng.

Rektor turut didampingi Wakil Rektor I, Dr. Alfizar, DAA, Wakil Rektor III, Dr. Mursyidin, MA, Kabiro AKPK, Drs. H.T. Muslim Raden, M.Si, Kabiro Umum dan Keuangan, Zulfirman, SE., M.Si, para dekan, ketua lembaga, serta para pejabat lainnya di lingkungan UTU. 

Prosesi penyambutan dan peusijuk mahasiswa baru di pintu gerbang merupakan satu tradisi yang sudah berlangsung sejak tahun 2015 lalu. Meski pada tahun 2020 sempat ditiadakan akibat Covid-19 yang mewabah di Indonesia. 

"Banyak sekali nilai filosofi dari tradisi penyambutan mahasiswa baru di pintu gerbang kampus, selain memuliakan tamu, Rektor dapat secara langsung mengenalkan historis, tradisi, budaya, nilai dan norma di kampus UTU," imbuhnya.

Dalam prosesi penyambutan, Rektor turut memakaikan jas almamater UTU kepada perwakilan mahasiswa baru dari berbagai fakultas. Selain itu, rektor secara sembolis menyirami mahasiswaa baru dari air guci sebagai pertanda untuk menyucikan hati dan pikiran.

Dr. Ishak Hasan mengharapkan kepada mahasiswa baru agar memiliki semangat perjuangan Teuku Umar di dalam diri mahasiswa, terutama dalam hal semangat berwirausaha, Spirit Enterpreurship.

"Sesuai dengan Visi UTU menjadi sumber inspirasi dan referensi dalam hal agro and marine industry atau industri berbasis pertanian dan industry berbasis kelautan perikanan," demikian Dr. Ishak Hasan. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar