Puluhan Santri Dayah di Aceh Barat Ikuti Pelatihan Jurnalistik

Santri dayah sebagai peserta membuat naskah berita dalam praktik jurnalistik yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Dayah, Aceh Barat di SMKN 1 Meulaboh, Sabtu (4/12/2021).jpeg

KBRN, Meulaboh: Puluhan santri berasal dari sejumlah dayah di Kabupaten Aceh Barat mengikuti pelatihan jurnalistik dasar yang dilaksanakan di Aula Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Sabtu (4/12/2021) pagi.

Pelatihan Jurnalistik dan Magang Bagi Santri Dayah tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Dayah Aceh Barat, Zulkifli, SE yang diwakili Kabid Pembinaan Managemen Dayah dan Sumber Daya Manusia, Zulkarnaini, sekaligus memberi sambutan dan arahan tujuan diselenggarakan kegiatan itu.

"Melalui pelatihan jurnalistik dasar ini kami harapkan dapat memberikan pemahaman dan santri dayah bisa mencari bakat dan keahlian dalam diri. Santri juga bisa menjadi seorang jurnalis yang baik," katanya dalam sambutan saat membuka acara itu.

Pelatihan jurnalistik dasar ini diselenggarakan Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Aceh Barat ini, dengan menghadirkan pemateri dari wartawan/ reporter LPP-RRI Meulaboh, Anwar Yunus, S.Sos.I membahas Etika Wawancara dan Membuat Berita Radio.

Zulkarnaini, mengatakan, tujuan diadakan kegiatan tersebut untuk para santri sebagai pembinaan dari pemerintah daerah mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) menjawab berbagai tantangan era keterbukaan informasi saat ini.

"Melalui kegiatan pelatihan jurnalistik ini, santri dapat memahami bagaimana kerja jurnalis dalam menghasilkan produk jurnalistik. Kita berharap para santri juga nantinya bisa menjadi penulis berita karya jurnalistik media massa," imbuhnya.

Acara pembukaan ini turut dihadiri para kepala seksi (Kasi) dan panitia dari Dinas Pendidikan Dayah Aceh Barat, dengan peserta berjumlah 50 orang terdiri dari santriwan dan santriwati. 

Kegiatan pelatihan berlangsung sehari itu diisi dengan materi theori dan praktek langsung penulisan berita radio, baik untuk audio mau pun berita online di radio. Termasuk juga mengajarkan teknik-teknik pengambil gambar foto dan kamera videos.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar