MPU Aceh Barat Melaksanakan Kegiatan PKU Angkatan Ke IX

Bupati Aceh Barat Ramli MS Membuka Kegiatan PKU Angkatan Ke IX

Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Aceh Barat menggelar kegiatan Pendidikan Kader Ulama (PKU) angkatan ke-IX tahun 2021, yang dilaksanakan selama 12 hari mulai tanggal 11 s/d 16 Oktober 2021 dan tanggal 25 s/d 30 Oktober 2021.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Bupati Aceh Barat H. Ramli MS tersebut berlangsung di Aula Sekretariat MPU Kabupaten Aceh Barat pada Senin (11-10-2021). 

Dalam sambutannya, Ramli MS mengatakan pihaknya sangat mendukung kegiatan PKU yang di inisiasi oleh MPU Aceh Barat tersebut. Menurutnya, pengkaderan ulama sangat penting di tengah era globalisasi saat ini yang menyentuh seluruh lini kehidupan masyarakat ujarnya.

"Keberadaan ulama yang istiqamah sangat dibutuhkan oleh Negeri ini guna menjaga moralitas masyarakat dari berbagai pengaruh negatif yang dapat merusak persatuan dan kesatuan Bangsa" tegasnya

Namun menurutnya, semakin hari jumlah ulama yang amanah dan istiqomah dalam menyampaikan perintah Allah semakin berkurang khususnya di Kabupaten Aceh Barat ini. Bahkan, kata dia, saat ini telah muncul ajaran-ajaran yang aqidah sesat menyesatkan serta memicu terjadinya konflik perpecahan dikalangan umat Islam ungkapnya.

Untuk itu, kata Ramli MS, diperlukan estafet dalam melanjutkan dakwah dari ulama-ulama terdahulu dengan cara melakukan kaderisasi ulama melalui pendidikan dan pembinaan yang baik sesuai dengan ajaran Islam dan Ideologi Pancasila ucapnya.

"Sehingga Ulama harus mampu menjaga serta mempersatukan umat dari paham-paham yang menyesatkan serta membahayakan yang dapat mengancam Kedaulatan Bangsa" tegasnya.

Lebih lanjut, Ramli MS juga menuturkan bahwa peran ulama sangat dibutuhkan dalam tata kelola Pemerintahan. Menurutnya, selain menjaga moralitas Bangsa, Ulama juga memiliki tugas yang cukup berat yaitu mengawal jalannya Pemerintahan agar tetap berjalan dijalur yang benar sesuai dengan tuntunan ajaran islam tuturnya.

Dengan adanya kaderisasi yang baik, ia berharap pemimpin Bangsa masa depan khususnya di Kabupaten Aceh Barat ini bisa berasal dari kalangan santri dan ulama mengingat begitu besarnya peran mereka apabila dirujuk dalam catatan sejarah perjuangan Bangsa dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan dahulu paparnya.

"Sudah saatnya Ulama dan santri meningkatkan kiprahnya di panggung kepemimpinan daerah maupun Nasional dengan pro aktif dalam memberikan saran, masukan, maupun tenaganya untuk Bangsa dan Negara ini" pungkasnya

Sementara itu, Ketua MPU Kabupaten Aceh Barat, Tgk. H. Abdurrani Adian, menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada kader ulama guna meningkatkan Sumber daya serta peran dan fungsinya dalam berdakwah untuk tegaknya syariat Islam di Bumi Teuku Umar ini ujarnya.

Menurutnya, hal tersebut sangat penting guna menyikapi berbagai permasalahan saat ini yang semakin kompleks terkait dengan kemaslahatan umat lanjutnya.

Untuk itu, ia berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan ini secara optimal sebagai wadah untuk menambah pengetahuannya dalam menghadapi berbagai fenomena yang terjadi di tengah masyarakat harapnya.

Kegiatan PKU ke-IX tersebut diikuti oleh 80 peserta yang terdiri dari unsur dayah dalam 12 Kecamatan se Kabupaten Aceh Barat. Sedangkan pelaksanaanya akan dilakukan selama 12 hari, yaitu mulai tanggal 11 s/d 16 Oktober 2021 yang diikuti oleh peserta putri dan 25 s/d 30 Oktober 2021 diikuti oleh peserta putra.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00