Bahas Program, IKA UTU Gelar Rapat Kerja di Sabang

KBRN, Meulaboh :  Pengurus Pusat Ikatan Alumni (IKA) Universitas Teuku Umar (UTU) periode 2020-2023 melakukan Rapat Kerja Organisasi. Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Freddies Santai Sumurtiga, Kota Sabang, 01 - 03 Oktober 2021.

Raker perdana yang dihadiri puluhan pengurus inti IKA UTU itu dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UTU, Dr. Mursyidin, MA.

Dalam sambutannya di acara pembukaan, Dr. Mursyidin menyebutkan bahwa organisasi adalah sarana pembelajaran dalam memimpin. Belajar jadi pemimpin bisa dilihat dari pemimpin pada periode sebelumnya, mengambil segala hal yang baik untuk diteladani serta dilanjutkan dan mem-filter yg tidak baik.

"Komunikasi dan koordinasi sangat diperlukan untuk mendukung solidaritas antar pengurus, maka jaga komunikasi antar sesama pengurus IKA. Tujuannya agar tata kelola organisasi dapat diperbaiki sehingga ke depan Organisasi yang menaungi alumni ini dapat berjalan dengan efektif dan efisien." Kata Mursyidin

Sementara itu, Ketua Umum IKA UTU, Arhamar Ridha, S.Sos kepada media ini menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan tinggi kepada para pengurus IKA yang sedia selalu bersinergi dalam mengibarkan panji IKA UTU. Ia turut menjelaskan tentang tujuan dari Rapat kerja tersebut

"Rapat kerja ini merupakan bentuk konsolidasi dan komunikasi dari pengurus IKA UTU serta juga membicarakan penyusunan Program Kerja yang terbagi dalam 2 bagian yakni jangka pendek dalam 1 tahun dan jangka panjang 3 tahun. ,” ucap Arham yang memimpin rapat kerja.

Beberapa poin yang dibahas dalam raker ini ialah tentang peran IKA UTU dalam mendukung peningkatan akreditasi Universitas Teuku Umar (baik tingkat Universitas maupun level Program studi) sebagai almamater agar menjadi Universitas Unggulan yakni dengan memaksimalkan penelusuran (tracer study) para alumni di dunia kerja dan mendata keberhasilan di bidang kerja serta mengetahui peran-peran positif yang telah diberikan bagi instansi atau lembaga dan perusahaan tempat bekerja.

Selanjutanya membuka jejaring kerja sama yang lebih luas baik lembaga dan perusahaan dalam menunjang penyerapan para alumni UTU serta mendorong di bukanya usaha-usaha yang baru, kreatif dan inovatif serta berdaya saing.

Peran Alumni UTU sebagai Narasumber pada kegiatan webinar ataupun dapat memfasilitasi dengan mendatangkan para Pakar yang ada di tingkat nasional untuk memberikan Kuliah Tamu atau Pelatihan di Universitas Teuku Umar harus ditingkatkan, sebagaimana yang sudah beberapa kali dilakukan di oleh IKA UTU selama ini.

Program kerja dalam jangka pendek seperti menyempurnakan Website IKA UTU serta kedepan diupayakan untuk membuat sebuah Jurnal ataupun Buku Bunga Rampai sebagai wadah komunikasi dan informasi tentang kegiatan IKA UTU kepada para alumni yang berada di berbagai daerah di Indonesia.

IKA UTU membahas program di masa Pandemi sebagai bentuk kepedulian dan pengabdian kepada masyarakat dari berbagai bidang seperti kesehatan, pertanian, peternakan dan perikanan dan lain-lain.

Program penguatan organisasi IKA UTU dengan pembentukan pengurus IKA UTU di daerah-daerah baik Provinsi, Kabupaten-Kota dan Komisariat-komisariat untuk menjadi wadah komunikasi yang berkontribusi positif bagi kemajuan para alumni dan juga bagi kesejahteran masyarakat.

“Rencananya akan dilaksanakan Rapat Kerja pada waktu berikutnya dengan mengundang seluruh Anggota Pengurus IKA UTU sekiranya kondisi telah memungkinkan atau jika belum akan dilaksanakan secara daring,” jelas Direktur Utama PT. Griya Mahoni ini sembari menyebut pelaksanaan raker digelar dengan jumlah peserta yang dibatasi dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Hadir pada raker Pengurus inti sperti Ishalyadi, SKM., M.Kes (Sekretaris Jenderal IKA), Rahmat Maulizar, S.An (Bendahara Umum IKA), sejumlah anggota Dewan Penasehat, Dewan Pakar dan Para ketua bidang dalam kepengurusan IKA UTU.

[Sumber : http://utu.ac.id]

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00