Kemenag Aceh Barat Sosialisasi Asesmen dan Pendampingan Madrasah

Kegiatan sosialisasi asesmen dan pedampingan madrasah

KBRN Meulaboh : Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat mensosialisasikan teknis asesmen dan pendampingan madrasah. Sosialisasi tersebut berlangsung di MAN 2 Aceh Barat, Kamis 30 September 2021.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, H Khairul Azhar SAg MSi menjelaskan, asesmen dan pendampingan madrasah dilakukan untuk mengukur kualitas pendidikan, manajemen dan pengelolaan madrasah.

Khairul menambahkan, setiap guru dan manajemen madrasah dituntut untuk terus meningkatkan kualitas dan pengelolaan pendidikan dengan baik, serta harus adanya penambahan pemahaman dalam menjalankan proses belajar mengajar dengan baik.

Selain itu, madrasah juga harus melakukan evaluasi kinerja secara berkala untuk mengukur berbagai kelebihan dan kekurangan madrasah. Hal tersebut penting dilakukan agar lebih fokus untuk memperbaiki berbagai kekurangan yang dialami madrasah.

Ia berpesan, dalam melakukan evaluasi, madrasah harus menyiapkan instrumen pengukuran diri sesuai dengan tugas dan fungsinya, serta harus memiliki profil secara lengkap. Seluruh komponen madrasah harus memahami tugas dan fungsi.

“Setiap kegiatan madrasah harus terdokumentasi dengan baik. Semua madrasah harus siap diasesmen,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Pengawas (Pokjawas) Madrasah Aceh Barat, Drs Hasan Basri mengatakan, program asesmen dan pendampingan madrasah merupakan salah satu program yang dicanangkan oleh Kanwil Kementerian Agama Aceh. Menurutnya, program tersebut sangat penting dilakukan, sebab untuk meningkatkan mutu pelajaran di madrasah perlu adanya peningkatan mutu guru dan mutu manajemen madrasah. 

Hasan Basri yang juga sebagai koordinator Pengawas Madrasah di Barat Selatan Aceh tersebut menjelaskan, asesmen dan pendampingan madrasah merupakan salah satu peran pengawas untuk mendampingi guru dalam meningkatkan kualitas madrasah dan mutu lulusan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00