MPU Himbau Jamaah Patuhi Protokol Kesehatan

KBRN, Meulaboh: Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Aceh Barat mengajak semua umat muslim di daerah itu untuk melaksanakan Shalat Id Idul Adha 1442 Hijriah yang jatuh pada 20 Juli 2021 secara kalender nasional.

"Kami mengajak semua umat Islam untuk melaksanakan shalat Id Idul Adha tapi tetap dengan mematuhi protokol kesehatan," kata Ketua MPU Aceh Barat Tgk H Abdur Rani Adian, dalam dialog RRI Menyapa, Senin (19/7/2021) pagi.

Ia menyebut, meskipun Kabupaten Aceh Barat tidak termasuk dalam daerah penerapan PPKM Darurat, namun terhadap protokol kesehatan (Protkes) harus diutamakan agar semua umat terhindar dari paparan virus Covid-19.

Kata Abu Rani, orang yang selalu menjaga wudhu sangat kecil kemungkinan terpapar virus covid, sebab orang tersebut selalu mencuci tangan dan membersihkan badan setiap waktu shalat, artinya hal demikian menjadi bagian dari Protkes secara ajaran Islam.

"Saat ini kita melihat bukan hanya Aceh Barat saja, tetapi secara global dan nasional.  Karena itu mari kita sama sama doakan, lewat doa kunut nazilah, doa tolak bala sehingga penyakit ini diangkat oleh Allah SWT," imbuhnya lagi.

MPU sebagai Muspida plus di Aceh bersama pemerintah daerah, tidak pernah melarang umat Islam melaksanakan ibadah, apalagi untuk shalat, termasuk berjamaah, hanya saja perlu juga dipahami bahwa bangsa Indonesia saat ini tengah menghadapi tantangan besar yakni Covid-19.

Kemudian untuk pelaksanaan kurban, ia berharap kepada semua panitia di kampung-kampung, tetap melaksanakan ibadah tersebut, tetapi aturlah dengan sedemikian baik agar tidak terjadi kerumunan.

"Penyembelihan hewan kurban masyarakat tetap dilakukan, tapi jangan menumpuk dalam satu hari sehingga terjadi kerumunan. Hari tasyrik hari raya kurban ada tiga hari, gunakan waktu itu dengan bijak," jelasnya lagi.

MPU Aceh Barat kata Abu Rani, tidak mengeluarkan lagi edaran atau seruan, sebab sudah ada tausiah dari MPU Aceh yang dilaksanakan di setiap daerah sebagai referensi umat melaksanakan ibadah di hari raya kurban tahun ini.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00