Tim UTU Lolos Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia 2021

KBRN, Meulaboh: Tim debat dari mahasiswa Universitas Teuku Umar (UTU) berhasil lolos ke tingkat nasional setelah mendapatkan nilai maksimal pada  seleksi wilayah Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) tahun 2021.

"Prestasi yang membanggakan kembali diukir oleh mahasiswa Universitas Teuku Umar," kata Rektor Universitas Teuku Umar, Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE., MBA, dalam rilis dikirimkan Humas UTU, diterima rri.co.id, Selasa (6/7/2021).

Sebelumnya, tim debat Universitas Teuku Umar berhasil lolos pada seleksi tingkat nasional dan berhak menjadi peserta di National University Debate Championship (NUDC) tahun 2021. 

Informasi tentang keberhasilan tim debat KDMI 2021 tersebut diketahui setelah dikeluarkannya pengumuman oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) pada Senin (5/07/2021). 

Debater dari UTU itu adalah Sarwati dan Dian Saputra, keduanya masing-masing dari Prodi Ilmu Hukum dan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Keduanya merupakan juara KDMI tingkat UTU  diselenggarakan tanggal 29 Mei 2021.

Seleksi peserta untuk tingkat wilayah dilakukan pada tanggal 28 Juni s.d.3 Juli 2021. Untuk kompetisi nasionalnya akan dilangsungkan pada tanggal 30 Agustus s.d. 5 September 2021, dan uji coba sistem akan dilaksanakan pada tanggal 21-23 Juli 2021. 

Rektor Universitas Teuku Umar, Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE., MBA menyambut baik atas keberhasilan tim debater UTU mewakili Aceh ke ajang Nasional.  

Kepada tim UTU, Prof Jasman berharap agar  mempersiapkan diri dengan baik dengan meningkatkan kemampuan berargumentasi, meningkatkan pengetahuan global, memperkuat kerjasama tim, latihan secara intensif agar bisa menguasai teknik dan topik debat, serta memahami poin penjurian. 

"Ini merupakan momentum yang tepat untuk mengekplorasi kemampuan diri secara maksimal, gunakan kesempatan ini untuk membuktikan bahwa kita bisa," semangatnya. 

Dari Aceh, selain Universitas Teuku Umar, terdapat 4 perguruan tinggi  lainnya yang berhak  berhak  mewakili regional Aceh untuk bertanding ditingkat nasional yaitu tim dari Universitas Syiah Kuala (USK), Universitas Al-Muslim, Universitas Abulyatama dan Universitas Malikussaleh (Unimal). 

Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) adalah lomba debat tingkat nasional yang menggunakan Bahasa Indonesia yang  dilaksanakan  oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, bertujuan untuk mendorong terbangunnya pemikiran kritis dan inovatif mahasiswa serta membangun softskill mahasiswa dengan baik. 

Kompetisi ini menggunakan Sistem yang digunakan dalam KDMI adalah sistem Parlemen Inggris (BP).  Sistem ini adalah sistem yang digunakan dalam World University Debating Championship (WUDC) atau lomba debat antar perguruan tinggi tingkat dunia. (AN)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00