Banda Aceh Sukses Perbaiki Peringkat di POPDA XVI

KBRN, Banda Aceh : Kesuksesan kontingen Kota Banda Aceh menduduki posisi dua klasemen akhir perolehan medali ajang POPDA XVI di Meulaboh menuai apresiasi langsung dari Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman.

Apresiasi tersebut disampaikan Aminullah, usai Banda Aceh memastikan diri mengakhiri pesta olahraga antar pelajar itu pada posisi kedua dengan raihan 17 emas, 22 perak, dan 22 perunggu.

Wali Kota yang dikenal sebagai sosok peduli olahraga itu terus memantau perjuangan atlet Banda Aceh.

Menurutnya, perolehan medali atlet-atlet Kota Banda Aceh pada ajang POPDA kali ini jauh lebih baik dari edisi POPDA sebelumnya yang digelar di Aceh Tengah pada 2018 lalu.

"Meski kita belum berhasil merebut juara umum, namun dari sisi peringkat jauh lebih baik dari sebelumnya. Tahun 2018 lalu kita hanya posisi ke-4 dengan 8 emas, 15 perak dan 14 perunggu. Artinya kita berhasil memperbaiki peringkat," ujar Aminullah, Minggu (26/6/2022).

Ia juga melihat, Banda Aceh kali ini sebenarnya sangat berpeluang menjadi yang terbaik karena mampu mendulang medali terbanyak secara keseluruhan, yakni 61 medali. 

"Jika kita lihat dari raihan medali secara keseluruhan, Banda Aceh yang terbanyak dari 23 kontingen, ada 61 medali. Artinya potensi Banda Aceh ke depan sangat bagus," kata Aminullah.

Lanjutnya, dari raihan 17 emas, 22 perak dan 22 perunggu dapat memberikan gambaran bahwa Banda Aceh bisa mendapatkan hasil terbaik ke depannya.

"Setidaknya kita telah mendapatkan gambaran kekuatan kita sebenarnya. Ke depan tentunya dengan pembinaan yang lebih baik, kita bisa menargetkan juara umum," ungkap Aminullah.

Ia pun tak lupa meminta kepada Plt Kadispora, Reza Kamilin untuk tidak cepat puas dengan hasil di POPDA XVI Meulaboh.

Aminullah mengatakan, Dispora selaku dinas teknis pembinaan atlet-atlet pelajar dapat terus menyusun program dalam rangka meningkatkan kemampuan mereka agar bisa bersaing dan menjadi yang terbaik di event-event berikutnya.

"Segera susun program pembinaan di semua cabor. Kita punya potensi, InshaAllah ke depan akan mendapatkan hasil lebih baik," pinta Aminullah.

Tak lupa ia menyampaikan apresiasi kepada seluruh atlet, pelatih dan official yang telah bekerja keras mengharumkan nama Banda Aceh di ajang POPDA kali ini.

"Perjuangan para atlet di Meulaboh sangat luar biasa. Saya sangat menghargai dan mengapresiasi perjuangan para atlet, pelatih dan official," kata Aminullah.

Sementara itu, Plt Kadispora Reza Kamilin mengatakan hasil yang diraih kontingen Banda Aceh sebagai prestasi yang patut disyukuri. 

Ia berharap momentum ini dapat menjadi pemicu semangat baru untuk tampil lebih kompetitif dalam ajang POPDA selanjutnya.

Tak lupa, ia menyatakan akan segera menindaklanjuti arahan wali kota terkait program pembinaan. 

"Tentunya kita akan melakukan evaluasi, kemudian menyusun program-program yang kemudian bermuara pada prestasi terbaik sesuai arahan Pak wali," tutup Reza Kamilin.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar