Aceh Peringkat 12 Besar Dengan 29 Medali pada PON ke-XX Papua 2021

Dialog RRI Meulaboh.jpg

KBRN, Meulaboh: Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) Aceh menyatakan bahwa hasil perolehan yang didapatkan atlit Aceh pada Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX Papua tahun 2021 sudah melewati dari target. 

Sekretaris Umum KONI Aceh M Nasir Syamaun, menyampaikan, dari 26 cabang olahraga yang dipertandingkan, Aceh berhasil mengumpulkan   29 medali, 11 medali emas, 7 medali perak dan 11 medali perunggu sehingga Aceh masuk 12 besar. 

"Target KONI Aceh kita itu masuk 15 besar, tetapi hasil perjuangan para atlit kita alhamdulillah masuk 12 besar pada PON ke-XX   Papua 2021. Menurut kami ini adalah sebuah prestasi yang patut kita syukuri," kata M Nasir dalam dialog RRI Menyapa bersama RRI Meulaboh, Jum'at (15/10/2021). 

Secara bertahap, posisi olahraga Aceh semakin menggembirakan dalam setiap PON yang telah diikuti, pada PON ke XVIII Riau 2012, Aceh masih peringkat 25, kemudian PON ke- XIX di Jawa Barat, Aceh masuk 17 besar. 

Kemudian pada PON ke-XX Papua 2021, Aceh masuk 12 besar dari target KONI Aceh semula 15 besar, hanya memang untuk target medali emas sedikit bergeser karena tidak tercapai dari target awal mestinya Aceh mendapat 12 medali emas. 

"Sebenarnya jika semua cabang olahraga prestasi kita diberi kesempatan ikut, bisa saja capaian kita lebih dari itu. Ada tiga olahraga prestasi kita target medali emas tidak diikutkan pada PON XX Papua," imbuhnya lagi. 

Kemudian juga dari 26 cabang olahraga yang diikutkan, ada satu olahraga prestasi yang tidak mengikuti yakni Cabor Renang, sebab atlit Aceh saat tiba ke Papua saat itu mengalami sedikit hambatan kesehatan sehingga atlit renang Aceh didiskualifikasi. 

M Nasir menyampaikan, olahraga prestasi sepak bola yang terkahir tampil melawan tuan rumah Papua, pada laga final merupakan penentu perolehan medali emas Aceh genap 12 medali, tetapi perjuangan  anak - anak asuh dari Fahkri Husaini belum berhasil sehingga membawa pulang medali perak dengan skor 2:0 atas Papua. 

"Tetapi apa yang telah dilakukan oleh atlit sepak bola kita sungguh luar biasa. Itu penonton penuh orang Papua, semangat atau mental psikologi pemain kita mungkin sedikit tertekan. Tetapi secara menyeluruh pemain sepak bola kita sudah bagus," tegasnya. 

Kata M Nasir, sebenarnya dari target cabor sepak bola telah terpenuhi, Fahkri Husaini menargetkan Aceh bisa masuk final dan itu telah dicapai walau pun pada akhirnya kalah skor melawan tuan rumah Papua. 

"Evaluasi dan pembinaan berkelanjutan dan secara menyeluruh pasti akan kita lakukan untuk persiapan PON ke XXI Aceh - Sumut. Kita menargetkan nanti setidaknya Aceh masuk 10 besar," demikian M. Nasir. 

Ia menyampaikan, bahwa PON ke-XX Papua Jumat 15 Oktober 2021 ditutup dan semua atlit Aceh sebagian sudah kembali ke daerah dan ada beberapa yang masih di Papua untuk menanti jadwal kepulangan bersama menuju Banda Aceh. 

KONI Aceh menyampaikan terimakasih kepada seluruh rakyat Aceh yang sudah mendoakan dan mendukung penuh kepada atlit Aceh yang sudah berupaya keras dengan hasil yang didapatkan sehingga Aceh masuk 12 besar di PON -XX Papua 2021.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00