Resensi FLM "The Heirs"

Judul                           : The Heirs

Genre                          : Romansa sekolah dan Keluarga

Penulis                         : Kim Eun Sook

Sutradara                     : Kang shin hyo

Lokasi produksi          :  Korea selatan dan California amerika serikat

Tanggal tayang            :  12 desember 2013

Rating                         :  28.6%

Produksi                      :  Seoul broadcasting system (sbs)

 Pemeran                     :                                                                      

  • Lee min ho (Kim tan)

Kim tan adalah putra mahkota kedua dari perusahaan terbesar pertama dinegara itu, Jeguk company. Bersekolah dan hidup mandiri di California, Amerika serikat. Itulah yang orang-orang ketahui tentang sosok Kim tan. Pada dasarnya itu semua adalah bentuk pengasingngan yang dilakukan oleh kakak laki-lakinya Kim won. Ia mengirim Kim tan keluar negeri untuk menjauhkan Kim tan dari perusahaan keluarga sehingga ia bisa mengambil alih warisan sebanyak mungkin yang ia bisa.

  • Park shin hye (Cha eun sang)

Cha eun sang adalah anak dari asisten rumah tangga dirumah Kim tan, ia melakukan banyak pekerjan paruh waktu untuk meringankan beban sang ibu. Namun saat ia dipindahkan kesekolah baru Jeguk high school, hidup Cha eun sang mulai berubah. Ia menjadi sasaran bully disekolah barunya hanya karena Kim tan menyukainya.

  •  
  • Kim woo bin (Choi young do)

Choi young do adalah seorang anak yang mengalami broken home, karena rasa kekesalannya pada Kim tan tiga tahun lalu ia kehilangan kesempatan terakhir untuk makan bersama ibunya. Karena peristiwa itu ia membenci Kim tan, menyalahkan dirinya sendiri dengan cara membenci Kim tan atas apa yang ia alami. Ia selalu mengancam Kim tan dengan rahasia yang ia miliki.

  • Krystal jung (Lee bona)

Lee bona adalah anak dari pengusaha sukses dibidang entertaimen. Perusahaan Lee bona mempunyai begitu banyak idol-idol korea yang terkenal, karena itu Lee bona menjadi siswa terfavorite disekolahnya. Lee bona adalah cinta pertamanya Kim tan begitupun sebaliknya. Lee bona mempunyai kekasih bernama Yoon chan young, kekasih Lee bona adalah seorang ketua osis di Jeguk high school juga merupakan sahabat sedari kecil Cha eun sang. Persahabatan itu membuat Lee bona sangat membenci Cha eunsang.

  • Kim ji won (Yoo Rachel)

Yoo rachel adalah tunangan Kim tan, hubungan mereka adalah seratus persen bisnis dan Yoo Rachel tau itu. Namun ia melakukan kesalahan dengan mencintai Kim tan dan melakukan segala cara untuk merebut Kim tan dari Cha eun sang. Akibat keegoisan Yoo Rachel yang keterlaluan akhirnya ia kehilangan Kim tan.

  • Kang ha neul (Lee hyo sin)

Lee hyo sin adalah senior disekolah ia juga pembawa berita disekolah, dimana hal itu ditentang sangat keras oleh kedua orang tuanya. Karena mereka ingin Lee hyo sin fokus belajar dan menjadi hakim yang hebat seperti sang ayah. Namun Lee hyo sin berhasil menyembunyikan dari keluarganya fakta bahwa ia berada di klub penyiar bertahun-tahun disekolahnya bersama Lee bona. 

Lee hyo sin mengkonsumsi obat penenang disaat ibunya menekannya dengan terlalu kuat agar masuk ke universitas hukum, ia juga melakukan percobaan bunuh diri beberapa kali. Sampai pada akhirnya Lee hyo sin menyerah dan memutuskan untuk melakukan wajib militer lebih cepat tanpa sepengetahuan orang tuanya.

  • Lee min hyuk (Yoon chan young)

Yoon chan young berhasil masuk ke Jeguk high school karena ayahnya adalah sekretaris diperusahaan Jeguk company, ia adalah siswa terpintar disekolahnya selama tiga tahun berturut turut. Berpacaran dengan Lee bona membuat ia menjadi bahan cibiran dari siswa lainnya karena dianggap tidak pantas dengan Lee bona. Namun tidak ada yg berani membullynya karna para siswa takut pada Lee bona. Terlalu melindungi sahabatnya Cha eun sang membuat Yoon chan young harus kehilangan Lee bona, walau akhirnya mereka kembali bersama.

  • Park hyung sik (Joo myung so)

Joo myung so sangat menyukai fotografer, dia selalu mengatakan "aku bangga terlahir bodoh, jadi orang tuaku tidak perlu repot-repot memintaku belajar untuk mengikuti jejaknya". Joo myungsoo satu-satunya teman terdekat yang dimilik Choi young do, walaupun dilarang orangtuanya untuk berteman dengan Choi youngdo yang nakal Joo myung tidak peduli. Joo myung so menyukai Lee bona dan juga Yoo Rachel namun kedua gadis itu tidak menyukai Joo myung so, mereka selalu ribut jika bertemu.

Drama karya penulis Kim eun sook ini menceritakan tentang group istimewa dari sekolah elite, Jeguk high school. Mereka dipersiapkan untuk mengambil alih bisnis keluarga. Siswa-siswi kaya ini memiliki segalanya kecuali percintaan, kehidupan mereka berada dibawah control orangtua nya.

Ada empat kasta disekolah ini. Kasta pertama, group pewaris manajemen  mereka yang berada dikasta ini dipersiapkan sedari dini mungkin untuk menjadi penerus perusahaan. Mereka adalah Kim tan, Choi young do dan Yoo Rachel. Kasta kedua, group pewaris saham mereka tidak akan berpartisipasi dalam manajemen, melainkan sudah menjadi pemilik saham terbesar ia adalah Lee bona. 

Kasta ketiga, group pewaris kehormatan, mentri, politisi, ketua mahkamah agung, dan presiden dari perusahaan hukum. Mereka adalah anak anak dari pekerjaan terhormat, yaitu Lee hyo sin dan Joo myung so. Dan kasta keempat, group peduli sosial, merujuk pada anak anak yg masuk kesekolah melalui kepedulian sosial atau dikenal dengan beasiswa. Mereka ialah Yoon chan young, Cha eun sang dan lainnya.

Tiga tahun menetap di California akhirnya membuat Kim tan kembali ke korea, tanpa memperdulikan larangan kakaknya dan tanpa sepengetahuan orang tuannya. Kim tan kembali untuk memulai hidup baru dengan damai, namun kedamaian itu tidak menjadi nyata saat sang tunangan Yoo rachel mengetahui jika ia menyukai gadis dari kasta terbawah disekolah yang juga merupakan anak dari asisten dirumah nya sendiri. 

Yoo Rachel membuat sebuah kesepakatan dengan calon kakak tirinya Choi young do, untuk menyingkirkan Cha eun sang gadis yang disukai Kim tan. Berada diurutan kasta pertama di sekolahnya membuat Choi young do dengan mudah membully Cha eun sang, awalnya ia melakukan itu hanya untuk bersenang- senang dan melihat bagaimana Kim tan akan bereaksi. Namun semuanya menjadi semakin memburuk, Choi youngdo membully Cha eun sang lebih parah lagi ketika ia mulai menyadari jika dirinya sendiri mulai menyukai gadis itu.

Kim tan dan Choi young do dulunya adalah sahabat, hubungan mereka memburuk ketika mereka mulai berbagi rahasia. Hal-hal buruk terus terjadi dan semakin memperburuk keadaan. Choi young do tidak datang ke bandara pada hari pengantaran kim tan keluar negeri, dari situ teman-teman mulai mengetahui hubungan persahabatan mereka telah berakhir. 

Ketika Kim tan kembali kekorea secara terbuka Choi young do menyatakan perang. Sistem kasta disekolah semakin menjadi buruk, mereka kembali menggunakan meja keadilan. Yoo rachel dan Lee bona yang pertama kali menggunakan meja itu setelah sekian lama untuk menghakimi salah satu siswi yang berbohong tentang kedudukan kastanya. 

Kim tan yg melihat itupun berusaha menghentikan Yoo Rachel dan Lee bona, walau harus berakhir dengan ia yang dihakimi oleh Choi young do dimeja itu karna melanggar aturan.

Alasan kenapa saya memilih drama ini karena saya mempelajari satu hal. Ada kalimat yang mengatakan teman terdekat berpotensi menjadi musuh karena ia menyembunyikan pedang dibalik punggungnya. Tapi yang saya pelajari dari drama ini ialah, sahabat akan tetap menjadi sahabat walaupun sudah menjadi orang asing. 

Seperti kisah Kim tan dan Choi young do, mereka tetap saling melindungi walaupun sebenarnya mereka adalah musuh sekarang. Persahabatan dimasa kecil mereka tidak bisa dihapus begitu saja. Banyak hal yang bisa diekspos oleh Choi young do tentang kehidupan Kim tan ke media untuk membuat ia dibenci oleh publik. 

Namun Choi young do tidak melakukannya, ia menyimpan itu semua hingga akhir, juga membiarkan Kim tan berbahagia bersama orang yang ia cintai walaupun Choi youngdo menjadi orang yg paling dirugikan disini.

The heirs pada dasarnya adalah pertarungan, pertarungan antara mahkota tahta dan mahkota cinta. Anak-anak itu tidak bisa memiliki keduanya jadi mereka harus merelakan salah satunya. Pertarungannya dimulai saat mereka berada ditahun terakhir sekolah menenggahnya.

Pesan moral yang bisa di dapatkan adalah teruslah melangkah dan melawan arus. Karena sejatinya hidupmu ada dikakimu, tidak ada yang boleh menentukan hidupmu akan berjalan kemana. Teruslah menjadi diri sendiri dan temukan bahagiamu seperti anak-anak ini. tetap berbuat baik tanpa perlu mendapat penilaian dari orang lain.

Kelebihan drama ini ialah mampu mengajarkan kita untuk dapat saling mendukung satu sama lain dalam kondisi terburuk sekalipun. Tetap menjadi teman yang baik untuk temanmu. Jika berbicara tentang kekurangan sepertinya saya belum menemukannya, karna drama ini benar-benar mengajarkan kita untuk saling menghargai.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar