Sensasi Air Terjun Pungki Aceh Barat Yang Penuh "Misteri"

Air Terjun Pungki.jpeg

KBRN, Meulaboh: Berjarak sekitar 65 kilometer arah utara Kota Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, terdapat satu lokasi objek wisata alam yakni Air Terjun Pungki yang berada di kawasan Hutan Desa Pungki, Kecamatan Sungai Mas.

Anda jangan terheran jika berkunjung ke sana, di sepanjang jalan akan nampak terlihat aliran sungai yang bewarna kuning dan keruh, di dalam sungai akan nampak alat berat bekerja melakukan galian C penambangan emas.

Bahkan hampir disetiap rumah penduduk desa di sepanjang jalan memasuki Kecamatan Sungai Mas, akan ada tempat-tempat pengilingan batu dan sortir butiran emas dari galian C, pekerjanya adalah warga lokal setempat dengan berbagai usia.

Anda harus terus berjalan dengan motor atau mobil, tidak usah pusing melihat aktivitas demikian karena itu merupakan pekerjaan utama warga lokal, teruslah berjalan hingga anda memasuki Desa/ Gampong Pungki di sanalah Air Terjun itu.

Pamplet nama Desa Pungki akan menyambut anda dengan "Wisata Islami", karena itu jika hendak datang ke lokasi objek wisata tersebut anda harus memperhatikan pakaian, jangan sampai tidak sopan atau melanggar syariat.

Perjalanan anda ke sana dijamin nyaman dan aman, tidak ada ngangguan apapun dijalan, sebab sebagian jalan sudah aspal, hanya sekitar 10 km jalan yang masih timbunan kerikil padat, dan melewati dua jembatan hingga tiba ke lokasi itu.

Setelah memarkirkan kendaraan anda, nanti akan ada juru parkir pemuda lokal di pingir jalan yang akan mengarahkan anda memasuki lokasi, dengan berjalan kaki sekitar 1,5 km pasti akan sampai ke lokasi air terjun.

Jika mengikuti jalan utama, anda akan sampai ke sana dengan sedikit petualangan, memasuki kawasan hutan desa dengan suhu udara sejuk di bawah pepohonan besar dan semak belukar, maklum belum disediakan jalan ke lokasi.

Tapi ingat!, begitu tiba di lokasi anda jangan langsung mandi di air dingin dan sejuk Air Terjun Pungki, apalagi tubuh kita pasti sedikit berkeringat dan lelah setelah melewati tebing-tebing gunung kecil menyusuri bebatuan pingir sungai. 

Air Terjung Pungki, terlihat memang sangat nyaman, apalagi air yang turun dari celah-celah batu besar akan menggoda anda untuk langsung mandi, apalagi sensasi warna air sangat jernih dan bersih seperti melihat air dalam kolam kecil.

Bagi anda yang baru pertama ke lokasi itu, jangan lupa perhatikan dulu kondisi cuaca, apakah cerah atau mendung, jika hujan gerimis turun dan hujan lebat menyusul sebaiknya anda siap-siap kembali pulang, jangan lagi bertahan di lokasi.

Secara tidak terduga, air bewarna keruh dan besar (bah) turun dari atas puncak air terjun sehingga dapat menyapu apapun yang berada di bawah, jangan sampai berkunjung ke objek wisata menjadi ancaman keselamatan anda.

Sebab ketika melihat aliran dari Air Terjun Pungki ini, terhubung langsung dengan beberapa sungai besar di kawasan hulu, sehingga sesekali berisiko akan turun air deras, terutama saat hujan lebat terjadi di kawasan hulu sungai.

Di lokasi objek wisata Air Terjun Pungki ini, cuacanya tidak menentu, cuaca cerah dan hujan akan terjadi setiap saat, hanya sekitar 2 jam cerah, kemudian akan turun hujan, setelah hujan reda maka cuaca kembali cerah.

Anda jangan lagi terlena bila masih berada di lokasi air terjun, kemasi barang-barang anda untuk segera pulang, sebab hanya dalam hitungan menit, air terjun yang berwarna jernih akan berubah seketika menjadi kuning dan lebih deras.

Jika anda sudah berada di lokasi dan terjebak, maka jangan coba-coba nekad berenang menyeberangi aliran air terjun pungki, meski terlihat dangkal dan tidak deras akan tetapi sangat menghanyutkan.

Bagi anda yang tidak terbiasa mengarungi sungai, maka sebaiknya mengambil jalan alternatif menaiki pegunungan, anda bisa menyeberang dari lareng gunung dengan hati-hati sehingga bisa sampai ke jalan utama  untuk kembali.

Meskipun kondisinya demikian, bagi yang menyukai petualangan dan memburu tempat-tempat wisata alami, pastinya bukanlah menjadi kendala atau membuat rasa takut, jika penasaran maka datanglah ke sana bersama teman-teman.

Biasanya banyak yang datang ke lokasi wisata air terjun ini pada hari libur seperti Minggu, sebagian besarnya adalah lintas usia muda, sebab untuk membawa liburan keluarga dan anak-anak, mandi di Air Terjun Pungki sangat tidak tepat.

Dibalik petualangan menuju objek wisata alami seperti Air Terjun Pungki, anda juga akan merasakan kesenangan luar biasa saat telah tiba ke Kota Meulaboh, bisa menceritakan bagaiaman sensasi Air Terjun Pungki Yang Penuh Misteri.

Begitulah cerita singkat kami saat berkunjung ke lokasi objek wisata Air Terjun Pungki pada Minggu 29 Agustus 2021. Selamat mencoba..!

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00