Seniman Aceh Tampil Meriahkan Pagelaran Budaya RRI Meulaboh

Tari Kreasi Baru Panen Buah Tampil di Pagelaran Budaya RRI Meulaboh, Jum"at 20 Agustus 2021.jpeg
Sekda Aceh Barat Marhaban, SE, tampil membacakan puisi perjuangan pada Pagelaran Budaya RRI Meulaboh.jpeg
Kepala RRI Meulaboh Jaya Maulana Rukmantara, SE, M.Si bersama tamu Pagelan Budaya RRI Meulaboh Tahun 2021.jpeg

KBRN, Meulaboh: Puluhan seniman dan budayawan tampil memukau penonton pada Pagelaran Budaya RRI Meulaboh yang dilaksanakan Jum'at (20/8/2021) malam di Desa Pasie Jambu, Kecamatan Kaway XVI, Kabupten Aceh Barat.

Pagelaran Budaya merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP-RRI) dalam rangka memberikan ruang kreativitas pelaku seni dan budayawan untuk melestarikan budaya lokal di Indonesia dan pada tahun ini di RRI Meulaboh mengangkat tema "Ayo Bangkit Melawan Covid".

Kepala RRI Meulaboh Jaya Maulana Rukmantara, SE, M,Si duduk di depan bersama tamu menyaksikan penampilan para seniman yang tampil seperti Tarian Likok Pulo, Tari Kreasi Baru Panen Buah, Jambo Band, musisi Aceh Said Azmi. 

Selain menampilkan sejumlah sangar seni dan budayawan, acara tersebut juga dimeriahkan dengan ajang baca puisi yang disampaikan oleh kepala daerah atau yang mewakilinya tampil di atas pentas seni budaya tersebut.

Tampil pertama Wakil Ketua DPRK Aceh Barat H Kamaruddin, SE, membacakan puisi karya Indah Maisarah Alkira bertema "Apa Kabar Indonesia", puisi ini menceritakan sebuah perjuangan pemimpin dan kondisi bangsa Indonesia saat ini.

"Pimpinan berjuang untuk makmur untuk rakyatnya, masyarakat harus sejahtera bagaimana pun caranya meski saat ini kita dalam masa pandemi Covid-19," katanya menjawab MC Darmayani dan Nanda.

Kemudian Sekda Aceh Barat Marhaban, SE, tampil membacakan puisi dengan judul "Merdeka dan Duka", karya anak bangsa ini dibaca mengalir dengan aresmen music gugur bunga sehingga membuat suasana malam hening dan sedih.

Puisinya ini menceritakan pengorbanan pejuang bangsa merebut Kemerdekaan Republik Indonesia dan duka bangsa Indonesia saat ini melawan Covid-19, pengorbanan dan harapan kemerdekaan dari covid yang belum pasti.

"Tanggapan sangat posisitf, karena ini masih dalam suasa Covid-19 sehingga banyak sekali masyarakat kurang hiburan. Sehingga saya membuat naskah puisi ini bagaiaman kita menghadapi Covid dan merdeka dari Covid," imbuhnya.

Karena acara ini tidak mengundang kerumunanan karena undangan dibatasi, namun kegiatan disiaran live di Pro 1 FM 97.00 Mhz dan Pro2 FM 90.03 Mhz serta dapat ditonton melalui live streaming yutube rrimeulaboh.

Kemudian, setelah penampilan penyanyi lagendaris Aceh Said Azmi, mebawakan lagu Teuku Umar Johan Pahlawan, tampil pula Wakil Ketua DPRK Nagan Raya Puji Hartini juga tidak mau kalah, ia tampil membacakan puisinya.

Wakil Ketua DPRK Nagan Raya membacakan puisi berjudul "Goresan Kisah Perjuangan" karya Adelia Safar ini menceritakan perjuangan para patriot bangsa yang telah gugur merebut Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Pagelaran budaya ini sangat positif, karena kita kangen dengan kegiatan seperti ini untuk mengobati rasa kangen maka ruang ini menjadi sangat bermanfaat bagi semua kita dan masyarakat pendengar RRI," sebutnya sebelum turun dari pangung.

Selanjutnya ada penampilan baca puisi oleh Asisten Adminsitrasi Umum Setdakab Nagan Raya, Mahdali, dengan judul puisi "Membangun Nagan Raya", menceritakan bagaimana perjuangan para kepala daerah berhasil membangun daerah itu.

Selanjutnya : Pengantar

Halaman 1 dari 2

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00