Mengintip "Suluk" di Aceh Amalan Sufi Setiap Bulan Ramadhan

KBRN Meulaboh: "Suluk" adalah sebuah ritual keagamaan yang dilaksanakan oleh sebagian umat muslim di Provinsi Aceh disetiap momen tertentu yang menggunakan perhitungan jadwal bulan arab, yakni Ramadhan, Rabiul Awal dan Zulhijah.

Suluk adalah berdzikir terus-menerus mengingat Allah SWT, meninggalkan pikiran dan perbuatan duniawi, Suluk atau dzikir ini merupakan pengajian ilmu dari Tarekat Naqsyabandiyah yang telah berkembang pesat di dunia.

Biasanya Suluk sangat menonjol dan sangat banyak dilakukan di saat memasuki bulan puasa Ramadhan, biasanya mayoritas peserta suluk adalah masyarakat yang sudah berusia lanjut, namun tidak ada aturan juga yang membatasi.

Ajaran Suluk sebenarnya merupakan amalam ulama terdahulu di Aceh yang merupakan para ulama Sufi yang secara turun temurun diwariskan kepada mursyid yang telah mendapat tariqah/ ijazah.

Kegiatan amalan juga dilalaksanakan biasanya di pasantren-pasantren tradisional (salafi), seperti di wilayah barat selatan Aceh paling terkenal yakni di Pondok Pasantren Darussalam, Labuhanhaji, Kabupaten Aceh Selatan.

Sementara di Kabupaten Aceh Barat, ada beberapa tempat yang ditemui tim liputan RRI Meulaboh, seperti di Pasantren Babussalam dan Pondok Pasantren Serambi Mekkah, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat.

“Di Pompes Babussalam ini selalu mengadakan Suluk. Selama suluk ada adab-adab yang mesti dipatuhi semua jamaah, karena itu ada panitia yang melayani memasak hingga mengantarkan makanan untuk jamaah,” kata Tgk Jol, salah seorang pengurus jamaah Suluk di Pompes Babussalam kepada rri, Selasa (13/4/2020).

Jamaah suluk di bulan puasa Ramadhan ada yang mengambil 10 hari di awal puasa, ada yang mengambil 20 hari puasa, ada pula yang mengambil satu bulan penuh puasa Ramadhan, tergantung kemauan dari seorang yang akan Suluk, selama Suluk jamaah tidak dibenarkan pulang.

Saat pertama kali masuk Suluk, jamaah atau secara invidu akan di ikrar mengikuti semua aturan dan ketentuan selama Suluk oleh guru tariqah, dari sanalah di mulai  amalan sufi dilaksanakan oleh peserta Suluk.

Selanjutnya : Pengantar

Halaman 1 dari 2

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00