Pengaruh Cuaca Harga Ikan Mulai Naik di Meulaboh

KBRN, Meulaboh  : Akibat dari  angin kencang dan gelombang tinggi, harga ikan segar di Provinsi Aceh naik khusunya  Meulaboh  Aceh  Hal itu terjadi sejak cuaca buruk melanda perairan laut barat  Aceh  selama dua 4 hari terakhi  ini.

Pantau  RRI  di  sejumlah temapt  penjulan ikan di  Meulaboh harga ikan dencis mencapai Rp35.000 per kg (kilogram). Harga tersebut lebih mahal dari biasanya yang berkisaran Rp20.000 hingga Rp25.000 per kg.

Kemudian ikan gembung dari biasanya berkisar Rp25.000 hingga Rp30.000 per kg, kini naik menjafi Rp40.000 hingga Rp45.000 per kg,

Selain itu  harga ikan tongkol dari harga normal berkisar Rp15.000 hingga Rp20.000 per kg, sekarang menjadi Rp25.000 hingga Rp30.000 per kg.

Bukan saja terjadi lonjakan harga, tapi stok ikan di tingkat penampung juga mengalami krisis.

"Ini semua efek dari nelayan tidak bisa melaut karena gelombang tinggi. Harga ikan tinggi, tapi pendapatan rendah karena cuaca buruk" kata maulana seorang pedagang ikan  Meulaboh saat  di  tanyakan RRI di  tengah cuaca  mulai  hujan.

Sementara itu  Badan Meteologi Klimatologi dan Geofisika BMKG   masih  meliris Warning  cuaca buruk  untuk  Aceh, Waspada potensi Hujan lebat disertai Badai guntur terjadi diwilayah Aceh Selatan,  Bakongan, Pidi Jaya, Banda Aceh, Aceh Besar, Aceh Tamiang dan sekitarnya. Waspada Potensi Banjir terjadi diwilayah Aceh Selatan, Aceh Singkil, Simeulue dan sekitarnya.

Selain itu  Peringatan Gelombang Tinggi Peringatan dini gelombang tinggi merupakan informasi prakiraan gelombang untuk 2 hari ke depan,  yang akan diinformasikan jika terjadi gelombang tinggi lebih dari 1.25 meter dan bertahan selama 12 jam ke depan di sekitar perairan Indonesia dan berlaku maksimal 2 hari sejak dikeluarkan dan diperbaharui setiap ada perubahan dan sebelum masa berlakunya habis.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00