Minyak Nilam Meulaboh Masih Stabil

KBRN, Meulaboh : Trend harga minyak nilam di tingkat petani dalam wilayah Kabupaten Aceh Barat hingga saat ini masih tergolong stabil dengan kisaran 600 ribu perkilo gram.

“kita  menampung dari petani  harga  minyak nilam  pada  kisaran 600 ribu  /kg  hal  itu  juga  kita  lihat  dari kandungan kalori  minyak  dan tingkat  kejernihan minyak tersebut.” Kata seorang  agen  pengumpul  minyak nilam zubir kepada rri  di Meulaboh, Minggu  (07/03/2021).

Tingkat kualitas minyak nilam sangat  di pengaruhi  oleh  cara  petani  melakukan panen dan proses pengeringan serta  peguapan minyak, jika  di lakukan pada  musim kemarau seperti  ini  maka petani  akan  mendapatkan hasil yang  sangat  super.

“kita masih  clem harga  stabil untuk   beberapa bula ini   ini minyak nilam harganya masih stabil, yaitu Rp660 ribu per kilogram di tingkat petani, kalau harga yang kita lepas ke penampung Rp700 ribu per kilogramnya,” ujarnya.

Selain itu  zubir  menjleaskan, harga minyak nilam beberapa bulan lalu mencapai Rp700 ribu lebih. Bahkan ada juga harga minyak tersebut merosot sampai Rp300 ribu.

Untuk Aceh  Barat  sendiri zoan prioduksi  nilam masih  bnayak  yaitu  kecamatan woyla  induk, woyla  timur , arongan lambalek, pantei ceuremen, dan kecamatan panton reu karena kawasan tersebut  banyaknya  lahan yang  bisa di  manfaatkan.

Sementara itu untuk pengolahan minyak nilam di Aceh Barat  masih pada  tahap uji  coba  untuk diproduksi   menjadi  bahan kosumsi masyarakat, hal ini masih  dalam pembinaan dinas terkait , seperti pengolahan  minyak  wangi  dan obat-obatan  oles  lainnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00