Tiga Gampong di Pante Ceureumen Bersatu Bangun BUMG

KBRN Aceh Barat: Tiga desa/ gampong yakni Lhok Guci, Suak Awe dan Berdikari (Lobak) Kecamatan Pante Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat membangun Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) menjual bahan bakar kendaraan dan gas non subsidi.

Acara Grand Perta Shop BUMG dilakukan Bupati Aceh Barat H Ramli, MS yang dihadiri Forkopimda, pihak PT Pertamina Wilayah Aceh, Kepala SKPK, Camat, Kepala Desa dan masyarakat di Gampong Lhok Guci Kecamatan Pante Ceureumen, Selasa (6/10/2020).

Bupati Aceh Barat H. Ramli. MS menyampaikan rasa syukurnya bahwa hari ini visi misi Bupati yang ingin pembangunan dimulai dari gampong baru ke kota sangat sinkron dengan Mendagri dan PT Pertamina.

"Terimakasih kepada PT Pertamina sudah membuka diri untuk melayani masyarakat desa, hari ini terbukti dengan hadirnya Pertashop di Kecamatan Pante Ceureumen ini, semoga ini dapat membangkitkan ekonomi masyarakat gampong,"tuturnya.

Ia mengajurkan kepada desa lain di Aceh Barat untuk dapat mengembangkan usaha seperti demikian, Pemkab Aceh Barat juga telah menjalankan Program  pemberian modal usaha kepada masyarakat Rp15 juta per KK per tahun dari dana BUMG.

"Jangan takut memberikan bantuan modal usaha kepada masyarakat melalui BUMG, yang penting terus dibimbing dan berkoordinasi dengan dinas terkait apa yang bisa dan mampu dikembangkan oleh masyarakat desa di masing-masing daerah," imbuhnya.

Selain itu Bupati mengatakan jika ada program-program inovasi gampong, harus adanya koordinasi dengan pihak Camat dan Dinas-Dinas terkait di level kabupaten sehingga memberikan masukan yang jelas dan tepat sasaran.

Bupati H Ramli, MS juga menyampaikan dirinya sangat berharap adanya pengelolaan usaha yang jujur di gampong-gampong karena kejujuran adalah hal yang paling penting untuk meraih kesuksesan.

Selain itu Bupati juga mengatakan, perlu dilakukan studi banding antar gampong terkait usaha seperti mini market dan usaha-usaha lainnya yang bisa dijalankan oleh BUMG.

"Harapan kita ini dapat membangkitkan perekonomian masyarakat gampong, ini merupakan contoh yang luar biasa atas kesepakatan antar gampong. Saya berpesan kepada pengelola, harus jujur," demikian Bupati Aceh Barat H Ramli, MS.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00