Begini, Strategi Pemkab Nagan Raya Jalankan Program Parawisata Daerah

KBRN, Nagan Raya : Pemerintah Kabupaten Nagan Raya melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga (Disbudparpora) menggelar seminar akhir Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Kabupaten  (Ripparkab) bekerjasama dengan Universitas Gajah Mada (UGM) dan rancangan qanun kepariwisataan di Aula Bapedda setempat,Selasa (30/11/2021).

Bupati Nagan Raya diwakili Sekda Ir H Ardimartha saat membuka acara mengatakan, bahwa Pemkab Nagan Raya siap mendukung dan bersinergi dengan tim pariwisata UGM dalam menyiapkan rencana induk (master plann) pembangunan kepariwisataan Kabupaten Nagan Raya.

"Kegiatan ini sebagai salah satu langkah utama yang harus dilakukan dalam rangka pengembangan sektor kepariwisataan Nagan Raya," ujar Sekda. 

Menurutnya, Ripparkab Nagan Raya adalah pedoman utama bagi perencanaan, pengelolaan dan pengendalian pembangunan kepariwisataan ditingkat kabupaten yang berisi visi, misi, kebijakan, strategi dan indikasi program yang perlu dilakukan oleh para pemangku kepentingan dalam pembangunan kepariwisataan.

Tujuan penyusunan Ripparkab, tambah Ardimartha, untuk menjadi acuan perencanaan bagi seluruh kepentingan pariwisata di Kabupaten Nagan Raya, sasarannya adalah untuk meningkatkan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara dan meningkatnya produk domestik bruto dibidang kepariwisataan. 

"Saya berharap Ripparkab ini dapat digunakan sebagai bahan acuan dalam mengembangkan program pembangunan secara menyeluruh, bertanggung jawab dan berkelanjutan," katanya. 

Sebelumnya, Kadis Budparpora Nagan Raya, Rajab Sumitro, SH, dalam laporannya menyampaikan, bahwa tujuan dari Riparakab ini adalah memberikan gambaran menyeluruh perkembangan destinasi pariwisata, industri pariwisata, pemasaran pariwisata, dan keseimbangan pariwisata. 

"Kemudian memberikan arah kebijakan membangun pariwisata, pedoman arah kebijakan, acuan perencanaan bagi seluruh pariwisata, menyusun akses akademik pembentukan Ripparkab," katanya.

Narasumber dalam seminar tersebut dari UGM, yakni Dr. Destha Titi Raharjana S, Sos,.M,Si, Wijaya, S, Hut,.M,Sc dan Bimo Fajar Hantoro, SH.

Turut hadir unsur DPRK, SKPK, Kepala Bandara Cut Nyak Dhien, Camat dan sejumlah undangan lainnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar