Pekarangan Pangan Lestari Untuk Tingkatkan Perekonomian

KBRN, Meulaboh : Bupati Aceh Barat, H. Ramli MS menyampaikan bahwa ini merupakan salah satu program yang di inisiasi sendiri oleh dirinya, dalam rangka meningkatkan perekonomian rakyat khususnya para petani yang ada di Kabupaten Aceh Barat. Seorang pemimpin yang baik harus memperhatikan nasib rakyatnya yang membutuhkan pembinaan dan bantuan dari Pemerintah.

Pada kesempatan itu ia juga menyampaikan bahwa sumber anggaran dari kegiatan ini berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) kemudian disalurkan melalui Dinas Pangan Kabupaten Aceh Barat. Program ini harus bisa memberikan manfaat dan syafaat bagi masyarakat pada umumnya dan para kelompok tani pada khususnya imbuhnya.

“Penyaluran bantuan dan pembinaan yang akan di berikan kepada para kelompok tani ini haruslah tepat sasaran agar kemanfaatannya bisa tepat guna. Untuk itu, pendataan terhadap para penerima bantuan ini harus benar-benar selektif, jangan sampai yang tidak berhak pun ikut menerima bantuan ini” pintanya.

Ia menekankan penerima dana bantuan dari pemerintah ini adalah para anggota kelompok tani yang rumahnya memiliki perkarangan untuk ditanami tanaman palawija tegasnya

“Tujuan untuk melakukan percepatan pertumbuhan ekonomi rakyat melalui sektor pertanian. Menurutnya, pertanian merupakan salah satu sektor unggulan dalam menggerakkan roda perekonomian rakyat khususnya di Kabupaten Aceh Barat” paparnya.

Percepatan ekonomi harus di awali dari desa. Menurutnya, dengan tumbuhnya perekonomian desa maka kemajuan Aceh Barat bisa diraih ucap Ramli.

Kemudian pada kesempatan itu dirinya meminta para kelompok tani penerima bantuan ini agar lebih kreatif dalam memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk ditanami tanaman-tanaman yang bermanfaat seperti tanaman palawija ungkapnya.

Ia menegaskan bahwa bantuan ini harus dipergunakan dengan baik dalam upaya membangun ekonomi rakyat melalui sektor  pertanian yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Aceh Barat ujarnya.

Bupati Aceh Barat ini berharap program ini bisa berjalan dengan lancar serta sesuai dengan peruntukannya agar ekonomi petani bisa meningkat. Oleh sebab itu, perlu adanya pengawasan ketat serta feedback yang baik selama pelaksanaan program ini harapnya

Terkait dengan pandemi Covid 19, Ramli berpesan agar selalu menjaga kesehatan di tengah kondisi pandemi covid 19 saat ini serta disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan ujar nya.

Plt Kepala dinas pangan, Azim, S.Ag, M.Si menyampaikan bahwa sumber anggaran Kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) ini berasal dari Dana Alokasi Khusus yang bersumber dari APBN tahun anggaran 2021. Adapun Tujuannya adalah untuk meningkatkan pendapatan ketahanan pangan terhadap kelompok tani di tengah kondisi pandemi Covid 19 yang saat ini sedang terjadi ungkapnya.

“Dalam pemantauan dinas pangan di bawah koordinasi dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Aceh Barat bahwasanya perolehan pangan selama periode 2020-2021 telah melebihi target” paparnya.

Lebih lanjut, Azim menjelaskan bahwa bantuan kali ini akan diperuntukan untuk 7 kelompok tani yang ada di Kabupaten Aceh Barat dengan total bantuan yang diberikan sebesar 55 juta rupiah kepada masing-masing kelompok tani ungkapnya.

Ia meminta kelompok tani yang mendapat bantuan ini agar dapat mempergunakan dana bantuan ini dengan sebaik mungkin sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan juga masyarakat pintanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00