Kabupaten Simeulue Akan Tanam 1 Juta Pinang Betara

KBRN Meulaboh: Kabupaten Simeulue, menjadi pilot pojek pengembangan dan penanaman pinang betara program Pemerintah Aceh sebagai upaya mendongkrak perekonomian masyarakat di daerah kepulauan terluar di Aceh.

Bupati Simeulue, H Erli Hasim, S.H, S.I Kom menyampaikan, bahwa program tersebut menjadi pembangunan ekonomi jangka panjang untuk Simeulue dan proposal pengajuan sudah dicatat dan disampaikan sehingga menjadi program Pemerintah Aceh.

"Karena kita daerah kepulauan, saya menggagas pinang betara menjadi salah satu sektor andalan perkebunan untuk jangka panjang dan ini menjadi program Pemerintah Aceh," katanya dalam dialog khusus bersama RRI Meulaboh, Senin (6/4/2021).

Erli Hasimi, menyebut, bahwa untuk pembangunan ekonomi masyarakat Simeulue sudah digencarkan dengan tiga hal yang dipacau dengan tiga tahapan, jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang.

Untuk jangka pendek, fokus pengelolaan sumber daya alam kelautan, Simeulue berada di kepulauan di kelilingi oleh lautan dengan potensi cukup besar dengan membentuk nelayan yang profesional dengan penggunaan alat penangkapan ikan yang sesuai.

"Kita punya icont Simeulue dengan yang kami sebut Lahok atau Lobster. Sumber daya ini kita rawat dan dikelola dengan baik sehingga pemanfaatannya sebagai pendapatan masyarakat setiap saat dapat diambil dengan cara - cara yang benar, " imbuhnya.

Sementara untuk jangka menengah, Pemkab Simeulue mengenjot produktivitas pertanian tanaman pangan, dari tahun 2019 hanya seluas 3.500 hektar, namun sampai musim tanam tahun 2021 ini sudah tergarap 7.000 hektar lebih.

Sementara Ketua DPRK Simeulue Irwan Suharmi, SE, M.Si menambahkan, awalnya ia juga merasa ragu dengan kepempimpinan Erli Hasim (Erhas), namun setelah melihat 3 tahun kepemimpinan Erhas, hampir semua capaian visi misi dilaksanakan.

"Awalnya kita ragu karena PAD kitakan kecil, namun Erhas ini saya lihat sangat gigih mencari sumber dana pembangunan, saat ini saja ada tiga dana proyek besar yang sedang dilaksanakan di Simuelue," imbuhnya.

Salah satunya adalah pembangunan jalan lingkar Simeulue yang saat ini tengah dikejar penuntasanya sampai akhir masa jabatannya, kemudian pembangunan Irigasi Raksasa dan banyak pembangunan infrastruktur lain yang sedang dikerjakan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00