Musrenbang RKPK Wadah Penampung Aspirasi Rakyat Untuk Pembangunan

KBRN, Nagan Raya: Pemkab Nagan Raya berkomitmen dalam reformasi birokrasi menuju pemerintahan yang baik dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengambilan kebijakan, sebagai penunjang dalam pelayanan publik yang lebih baik.

"Tujuan musrenbang RKPK tahun 2022 ini, antara lain menselaraskan program dan kegiatan prioritas pembangunan kabupaten dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan nasional, serta usulan program dan kegiatan dari masyarakat kepada Pemkab Nagan Raya" kata Bupati Nagan Raya, HM Jamin Idham, SE, saat membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Kabupaten (RKPK) Nagan Raya tahun anggaran 2022 di Anjungan Pendopo Bupati, Komplek Perkantoran Suka Makmue.

Pada kesempatan tersebut Bupati Jamin Idham, dalam arahannya menyatakan, Musrenbang RKPK ini menjadi wadah penampung aspirasi dan bagian dari forum konsultasi publik, yang menginventarisir pembangunan yang dimulai ditingkat musrenbang gampong, kecamatan, maupun pada forum perangkat daerah/pra musrenbang.

Musrenbang RKPK tahun 2022, katanya, merupakan tindak lanjut pelaksanaan tahun kelima Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kabupaten (RPJMK) periode tahun 2017-2022.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRK Nagan Raya, Dedi Irmayanda, turut memberikan sambutan, mengatakan, DPRK Nagan Raya merupakan lembaga yang tidak terpisahkan dari unsur pemerintah daerah dalam menjalankan fungsi legislasi, penganggaran dan pengawasan.

Karenanya, DPRK Nagan Raya akan senantiasa berupaya memberikan kontribusi terbaik dalam proses pembangunan daerah untuk mencapai harapan dan menjawab kebutuhan masyarakat yang mendesak sesuai ketentuan guna mewujudkan kesejahteraan, kemandirian, dan keterwakilan.

Sementara itu, Kepala Bappeda Aceh, HT Ahmad Dadek, SH, MH, dalam sambutannya mengingatkan Kepala Bappeda Nagan Raya agar dapat menyelesaikan semua kegiatan yang berpotensi tidak selesai jika nanti kepala daerah akan berakhir masa jabatannya.

Prioritas pembangunan nasional tahun 2022, yaitu pemulihan ekonomi dan reformasi struktural. Ada tujuh prioritas nasional, antara lain memperkuat ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan berkualitas dan berkeadilan, meningkatkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas dan berdaya saing.

Sedangkan Kepala Bappeda Nagan Raya, T Kamaruddin, SP., MSi, melaporkan, bahwa musrenbang RKPK merupakan bagian dari rangkaian mekanisme perencanaan yang harus dilaksanakan secara bertahap yang dimulai dari musrenbang tingkat gampong yang telah dilaksanakan pada minggu ke-II dan ke-III bulan Januari, dilanjutkan musrenbang tingkat kecamatan yang dilaksanakan pada tanggal 9 - 11 Februari 2021 di 10 kecamatan.

Selanjutnya pelaksanaan forum perangkat daerah/ pra musrenbang RKPK tahun 2022 dilaksanakan pada tanggal 18 - 23 Maret 2021 kemarin.

Pembukaan musrenbang RKPK hari ini diikuti oleh seluruh SKPK dilingkup Pemkab Nagan Raya. Sementara peserta pembahasan desk musrenbang RKPK berjumlah 120 orang yang akan dimulai pada 29 Maret - 9 April 2021 yang dibagi dalam 3 (tiga) kelompok kerja (pokja), yaitu pokja perencanaan pembangunan perekonomian, pokja perencanaan pembangunan infrastruktur, dan pokja pemerintahan, SDM dan keistimewaan.

Turut hadir pada acara pembukaan musrenbang Ketua Komisi I DPRK, diwakili T Bustamam, Ketua Komisi II, Junid Arianto, Ketua Komisi III, Zulkarnain, Ketua Komisi IV, Sigit Winarno, Dandim 0116, Kapolres, Kajari, Ketua Pengadilan Negeri Suka Makmue, Ketua Mahkamah Syar'iyah dan unsur forkopimda lainnya, mewakili Kepala Bappeda Kabupaten Aceh Barat, Aceh Jaya dan sejumlah undangan lainnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00