WOW, Inovasi Dana Desa, Jadikan Peunaga Pasi Sebagai Destinasi Wisata Anak

Wahana Water Boom Di Desa Peunaga Pasi Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat

KBRN, Meulaboh : Pemerintahan Desa Peunaga Pasi Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat, meciptakan beberapa inovasi didaerah tersebut. Salah satunya dengan membangun Waterboom sebagai tempat wahana bermain anak anak, dengan terdiri dua tempat kolam renang, yang dibangun dengan menggunakan angaran Dana Desa pada tahun 2018 lalu. 

'' Ide pembangunan tempat wahana bermain anak ini dan tempat perumahan rumah sewa yang di bangun melalui anggran dana desa , diperoleh berdasarkan hasil musyawarah bersama pada kalangan masyarakat dengan aparatur pemerintahan desa. sehingga atas keputusan bersama itu mencapai suatu titik kesepakatan untuk membangun sarana yang mempuyai nilai manfaat pendapatan bagi masyarakat dan desa itu sendiri. selain itu juga dampak dari pembangunan tempat bermain ini,dapat menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat di desa itu."ujar Kepala Desa Peunaga Pasi, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Anwar Diwa kepada rri.co.id Selasa (23/03/2021).

Kata Anwar, Terkait dengan pembagunan Waterboom dilakukan dua tahap, yang disesuaikan dengan alokasi anggaran dana desa. untuk tahap pertama telah menghabiskan anggaran mencapai Rp 380.000.000,- dan tahap kedua mencapai Rp.200.000.000,- sedangkan untuk pembagunan rumah sewa yang terdiri dari 4 unit  dan ditambah 1 unit pintu ruko yang telah di bangun pada tahun 2017, dan telah menghabiskan anggran sebanyak 200.000.000,- hal ini bertujuan, agar pendapatan asli desa (PAD)  bisa bertambah sebagai peningkatan pendapatan di desa itu.

ia juga menanbahkan untuk biaya per-orang sekali masuk ke Wahana Water Boom ini  Rp.10.000,- dan bagi warga masyarakat desa setempat yaitu Rp.5.000,-.per-orang.

"Dengan adanya pengelolaan dana desa yang baik sehingga  diharapkan bisa mengubah desa ke arah yang lebih baik, dengan adanya menjadikan desa tempat destinasi wisata yang ada di Aceh Barat, Kini desa itu, menjadi salah satu pilihan warga masyarakat untuk menikmati libur sekolah maupun mengisi libur setiap akhir pekan."Imbuhnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00