Api Kembali Membara di Pesantren Serambi Mekkah

KBRN Meulaboh: Musibah bencana kebakaran kembali terjadi di komplek Pesantren Dayah Serambi Mekkah, Desa Blang Beurandang, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Senin (08/3/3021) dini hari tadi. 

Api melahap 10 unit rangkang/ barak santri yang berkontruksi papan dan kayu, pukul 02.00 WIB sudah hangus terbakar saat tiba tim Pemadam Kebakaran dari Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat.

"Kerugian kami perkiraan Rp150 juta. Saat ini santriwan tinggal menumpang di rangkang/ bilik kawannya dan balai pengajian karena tidak ada tempat tinggal," kata Tgk Armia, dewan guru Pompes Dayah Serambi Mekkah, kepada wartawan.

Baca juga: 20 Asrama Santri Pesantren Serambi Mekkah Terbakar

Sumber api dari terbakarnya kasur santri dari percikan api obat nyamuk bakar yang mereka gunakan. Tidak ada korban jiwa dalam bencana ini, namun harta benda santri, perabotan, kitab, buku tidak banyak yang dapat diselamatkan.

Api diduga berasal dari salah satu rangkang santriwan yang menggunakan obat nyamuk bakar, sehingga tanpa diketahui penyebab pasti lainya, api kemudian membara dan membakar bahkan menjalar ke beberapa barak terdekat.

Belum lama ini, asrama santriwan Pompes Dayah Serambi Mekkah juga terbakar, saat itu kondisi asrama kosong karena para santri menghadiri undangan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Belum lagi selesai dilakukan pembangunan asrama baru, kemudian musibah serupa kembali terjadi, tidak kurang dari 10 rangkang/ barak santri rata dengan tanah setelah terbakar sekitar 1 jam lamanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00