Cuaca Buruk Untuk Aceh BMKG keluarkan Warning Hari Ini

KBRN, Meulaboh : Badan Meteologi Klimatologi dan Geofisika BMKG Koordinator Propinsi Aceh mengeluarkan Peringatan Dini Prakiraan Cuaca dengan potensi curah hujan lebat hingga hujan sangat lebat ( pada katagori 6 ) dan berdampak banjir dalam sekala menengah diwilayah bataran sungai atau wilayah dataran rendah, daerah hilir serta tanah longsor untuk wilayah dataran tinggi dengan potensi dalam sekala menengah hingga tinggi.

Peringatan Dini Prakiraan Cuaca ini berlaku untuk esok hari tgl 06 Maret 2021 mulai jam 07.00 wib s/d  tgl, 07 Maret 2021 jam 07.00 wib, yang meliputi Kabupaten/kota sbb:

Kabupaten/ Kota yang berdampak:

1. Nagan Raya meliputi Kecamatan: Beutong, Senangan Timur, Darul Makmur, Tadu Raya, Tripa Makmur, Kuala, Kuala Pesisir, Suka Makmu, Seunangan.

2. Aceh Barat meliputi Kecamatan: Pantai Ceuremen, Meurebo, Kaway XVI.

3. Gayo Lues meliputi Kecamatan: Tripe Jaya, Terangun, Blang Jerango,  Kuta Panjang, Blang Peugayon, Putri Betung.

4. Aceh Barat Daya meliputi Kecamatan: Babah Rot, Kuala Batee, Susoh, Jeumpa, Blang Pidie, Setia, Lembah Sabil, Manggeng, Tangan-Tangan.

5. Aceh Selatan meliputi Kecamatan: Labuhan Haji, Labuhan Haji Barat ,Labuhan Haji Timur, Meukek Kluet Tengah, Sawang, Sama Dua, Tapak Tuan, Pasi Raja.

6. Aceh Tenggara meliputi Kecamatan: Darul Hasanah.

Koordinator Data dan Informasi  BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar muda Banda Aceh ZakariabAhma, menyebutkan Peringatan dini cuaca ini berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sangat lebat pada katagori 6, Pada katagori ini pesawat bisa ditunda atau dibatalkan sementara penerbangannya.

“Begitu juga untuk masyarakat diminta agar selalu siaga bila terjadi bencana hidrometeorologi, Terutama utk selalu wasapada terhadap potensi yg berdampak pada sekala sedang hingga tinggi berupa, banjir katagori sedang  hingga untuk daerah aliran sungai, daerah hamparan datar yang luas seperti persawahan yg dapat merendam tanaman petani, bisa banjir genangan diperkotaan, bajir diwilayah hilir dan bahkan bisa terjadi banjir bandang serta perlu lebih waspada terhadap potensi tanah longsor untuk wilayah pegunungan dalam seksla sedang atau wilayah lereng,”ucapnya.

Zakaria juga mengingatkan  bahaya angin kencang, sambaran petir tidak boleh dikesampingkan pada cuaca seperti ini.

Selain itu BMKG Koordinator Propinsi Aceh juga mengeluarkan Peringatan Dini Prakiraan Cuaca dengan potensi curah hujan sedang hingga hujan lebat ( pada katagori 4 ) dan berdampak banjir dalam sekala menengah diwilayah bataran sungai atau wilayah dataran rendah, daerah hilir serta tanah longsor untuk wilayah dataran tinggi dalam sekala menengah.

Peringatan Dini Prakiraan Cuaca ini berlaku untuk esok hari tgl 06 Maret 2021 mulai jam 07.00 wib s/d  tgl, 07 Maret 2021 jam 07.00 wib, yang meliputi Kabupaten/kota sbb:

Kabupaten/ Kota yang berdampak:

1.            Aceh Tenggara, meliputi sebsgian besar

2.            Aceh Tmur : semua kecamatan

3.            Gayo Lues, meliputi Kecamatan, Semua Kecamatan

4.            Aceh  Tengah, meliputi Kecamatan: seluruh kecamatan

5.            Aceh jaya, meliputi Kecamatan: Pasi Raya.

6.            Bireun meliputi Kecamatan: semua kecamatan

7.            Nagan Raya, Aceh Barat meliputi Kecamatan: semua kecamatan

8.            Pidie Jaya meliputi Kecamatan: semua kecamatan.

9.            Lhok Seumawe meliputi kecamatan: Muara satu, Blang Mangat.

10.          Aceh Singkil, meliputi Kecamatan: seluruh kecamatan

"Prakiraan dini berbasis dampak ini bersumber dari, BMKG Signature"tutupnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00