UTU Peringati Syahid Teuku Umar ke-122 di Gedung Baru

KBRN Meulaboh: Universitas Teuku Umar (ITU) untuk pertama kalinya menggelar peringatan Syahidnya Pahlawan Nasional Teuku Umar Johan Pahlawan ke 122 tahun 2021, Kamis (11/02/2021). Kegiatan berlangsung dengan khidmat dan dengan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19. 

Acara yang dipusatkan di Gedung Kuliah Terintegrasi, Kampus UTU diikuti oleh seluruh jajaran pimpinan UTU, Rektor, Wakil Rektor, Ketua Senat, Dekan, para Wakil Dekan, Kabiro, pejabat fungsional lingkup UTU dan segenap para undangan yang terdiri dari pimpinan Perguruan Tinggi se Aceh, unsur Forkompinda Kabupaten/kota di Barat Selatan Aceh serta sejumlah tokoh masyarakat. 

Dalam kesempatan itu, Rektor UTU, Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE., MBA mengajak para tamu yang hadir untuk mengenang kembali perjuangan Teuku Umar sebagai salah satu putra terbaik bangsa dalam mempertahankan tanah rencong ini dari penjajahan. 

"Teuku Umar adalah pahlawan yang sudah berjuang dan mengorbankan seluruh jiwa dan raganya untuk meraih kemerdekaan dari tangan penjajah. Untuk itu, sebagai generasi penerus, kita harus melanjutkan perjuangan ini dalam berbagai sendi kehidupan," ajak Prof Jasman 

Sebagai kampus yang menabalkan nama besarnya sebagai nama Universitas, pada moment peringatan Syahidnya Teuku Umar ke-122 ini, UTU meresmikan Hall of Fame Teuku Umar yang akan menjadi satu ruang untuk mengenang jasa dan pengorbanannya lewat berbagai benda dan buku yang berhubungan dengan Teuku Umar.  

Rektor berharap, agenda peringatan syahidnya Teuku Umar ini akan menjadi agenda tahunan yang akan dilaksanakan oleh Kampus UTU dimasa-masa yang akan datang. 

Dihadapan para Rektor Se Aceh, Rektor Prof Jasman juga ikut melaunching Maskot UTU Awards ke-7 tahun 2021 dan mengajak para Rektor se Aceh untuk berpartisipasi mendukung UTU Awards dengan mengutus mahasiswa mengikuti program yang bertaraf Internasional ini. 

Ia juga menyampaikan beberapa keberhasilan UTU yang fenomenal di Tahun 2020, diantaranya, UTU berhasil mendapatkan penghargaan dari Menteri Keungan RI atas keberhasilan mengelola dana SBSN Terbaik untuk kategori PTN se Indonesia. Dan teranyar, UTU berhasil mendapatkan Akreditasi BAIK SEKALI dari BAN-PT. 

"Ini kado terindah menjelang peringatan Syahidnya Teuku Umar ini, dan keberhasilan ini diraih atas kerja keras dari seluruh pihak di kampus yang baru berumur sejagung ini, terutama dukungan luar biasa dari para dosen yang rata-rata baru berusia 30 tahun. Meski usia mereka masih muda, namun karya mereka luar biasa." Kata Prof Jasman penuh haru. 

Kegiatan yang turut dihadiri Kepala Bappeda Aceh, T. Ahmad Dadek, SH., MH mewakili Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah, MT ini juga dirangkai dengan pengumuman dan pembagian hadiah pada sejumlah perlombaan yang digelar selama beberapa hari terakhir menjelang acara puncak, yaitu Lomba cipta dan baca puisi, lomba cipta dan baca prosa, lomba catur Teuku Umar, lomba desaign Maskot UTU Awards ke-7, seleksi tenant IBT UTU dan penyerahan penghargaan kepada tim PKM UTU 2020 yang lolos PIMNAS 2020 di UGM dan berhasil meraih juara Favorit. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00