Lakukan Normalisasi Krueng Meurebo, PUPR Aceh Barat Kerahkan Dua Unit Alat Berat

KBRN, Aceh Barat: Untuk mencegah meluasnya erosi Krueng Meureubo, di kawasan Lhok Guci, Kecamatan Pante Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Kabupaten Aceh Barat, Selasa (15/12/2020) malam, mengerahkan dua unit alat berat untuk mengatasi permasalahan tersebut.

“Perbaikan dilakukan secara kolaborasi Pemerintah Kabupaten Aceh Barat melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). “Ujar Kadis PUPR Aceh Barat Kurdi kepada RRI Rabu (16/12/2020).

Normalisasi tersebut diharapkan aliran sungai bisa berpindah, sehingga tidak menerjang badan jalan dan pemukiman warga. “Kami bersama BPBD sudah koordinasi kembali tadi di PUPR untuk pengerukan atau normalisasi lanjutan dengan melebarkan dari 6 meter menjadi 15 sampai 20 meter lagi dengan panjang sekitar 280 meter,” jelas Kurdi.

Dengan pemindahan aliran sungai yang dilakukan melalui normalisasi, maka aliran sungai akan mengalir lurus, sehingga debit air tidak mengarah ke perkampungan warga dan badan jalan yang dikikis erosi tersebut.

“sejak kemarin para petugas dilapangan sudah mulai bekerja di lokasi dengan membuka pelebaran aliran sungai yang diluruskan, sehingga tidak berliku-liku lagi dan jauh dari lokasi titik yang dikikis tersebut dengan menggunakan salah satu alat berat yang sudah duluan tiba.”imbuhnya.

Lebih lanjut kata Dr Kurdi, bahwa pemerintah terus melakukan upaya penanganan demu kepentingan masyarakat, sehingga menyangkut dengan penanganan tersebut kini mulai dilakukan meski secara darurat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00