Tim Gabungan Operasi Yustisi Protokol Kesehatan di Aceh Barat

KBRN Meulaboh: Tim gabungan dari Satpol PP-WH, Polri, TNI melakukan razia penggunaan masker di Jalan Sisinga Mangaraja, Desa Gampa, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Selasa (15/12/2020).

Tim gabungan menghentikan setiap pengendara roda dua, roda tiga (becak) mau pun mobil apabila terlihat pengemudinya dan penumpang yang tidak menggenakan masker.

Operasi Yustisi atau Upaya Penegakan Hukum Peradilan di Tempat Protokol Kesehatan tersebut sebagai upaya semua pihak terkait menekan angka kasus COVID-19 di wilayah Kabupaten Aceh Barat.

"Kepada setiap pelanggar kita berikan sanksi sosial, sesuai dengan kondisi dan usia yang bersangkutan. Namun apabila PNS maka perintah atasan untuk dilakukan penekanan lebih," kata Kasi Trantib Sat Pol PP Aceh Barat M Yuthi, SE, kepada rri.co.id.

Setiap pelanggar protokol kesehatan diberi sanksi sosial seperti menyanyikan lagu Indonesia Raya, menghafal pancasila, hafal rukun iman, rukun Islam serta pus-up 10 kali bagi yang tidak bisa menghafal.

Sementara itu Kabid Penertiban Sat Pol PP Aceh Barat Dodi Bima Saputra, menambahkan, bahwa yang dominan ditemukan melanggar Protokol Kesehatan adalah masyarakat sipil dan pelajar.

"Tingkat kepatuhan masyarakat sudah lumayan baik dan yang ditemukan hari ini tidak menggenakan masker adalah masyarakat sipil, PNS dan pelajar. Dari TNI - Polri tidak ada yang ditemukan sampai operasi selesai," imbuhnya.

Tim gabungan terdiri dari Sat Pol PP dan WH Aceh Barat, Polantas dan Polsek Johan Pahlawan, TNI dari Koramil Johan Pahlawan serta TNI POM, operasi ini menyasar setiap pengguna jalan Lintas Meulaboh - Kaway XVI.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00