PUPR Aceh Barat Fokus Dalam Pembenahan Drainase Diwilayah Kota Di 3 Zona Dalam Pencegahan Genangan Air

KBRN, Aceh Barat: Sebagai antisipasi mencegah banjir saat musim penghujan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Aceh Barat terus membenahi drainase yang selama ini dinilai menjadi penyebab genangan air diwilayah perkotaan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Aceh Barat Kurdi kepada RRI Selasa (06/08/2020) mengatakan, pada tahun ini , pihaknya akan terus berbenah melalui perbaikan drainase diwilayah kota.

“Sejauh ini kita telah menangani beberapa drainase seperti diruas jalan Dr. Sutomo, Dipenogoro, Bakti Pemuda dan Swadaya yang menjadi Fokus utama dalam membangun saluran drainase yang tersambung dengan saluran pembuangan besar. Karena diyakini saluran ukuran besar terhubung pembuangan akhir di Pasar Aceh juga akan memberikan dampaknya signifikan mengurangi genangan air ketika hujan deras dengan intensitas lama,”imbuhnya.

Dirinya menambahkan, selama penanganan pihaknya ada 3 segmen yang diterapkan, salah satunya penanganan 100 hari pertama, jangka pendek dan panjang dalam penanganan banjir dalam kota dalam 3 wilayah zona yang berada diwilayah kota Meulaboh.

“untuk jangka pendek dalam penanganan banjir ini, namun di Meulaboh sendiri terdapat 3 zona yang kita atasi. Zona merah pertama terdapat diruas jalan Teuku Umar. Zona yang kedua berada dijalan Nasional dan yang ketiga dijalan Swadaya yang telah kita bersihkan hingga saat ini.”imbunya.

Namun ungkap Kurdi, apabila terjadi kombinasi antara Gelombang pasang dan banjir penanganan dalam program jangka panjang pihaknya telah mempersiapkan pembangunan Kolam Retensi yang mampu menampung 3.600 meter kubik (M3) debit air sebagai penampung selain saluran drainase.

Dijelaskan, untuk mengatasi luapan air yang meluap ketika musim penghujan, pihaknya memperkirakan serapan anggaran untuk pembangunan kolam penampung tersebut mencapai Rp8 miliar. Rencananya akan dibangun di Desa Ujong Kalak, Kecamatan Johan Pahlawan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00