Rumah Warga Aceh Barat Rusak Dihempas Gelombang

KBRN Meulaboh: Sebanyak 42 unit rumah penduduk di Desa Pasir, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh mengalami kerusakan akibat dihempas gelombang pasang yang menyebabkan terjadi banjir (Rob).

Hasanuddin (50) salah satu pemilik rumah yang diwawancara RRI, menyampaikan, gelombang dengan tiba-tiba menghamtam rumah ditempati sehingga beberapa bagian rumah mengalami kerusakan berat sehingga keluarganya harus mengungsi.

"Kejadiannya sudah sejak pagi, gelombang pasang sampai ke rumah. Bukan lagi ditimbun pasir dan tergenang, beberapa bagian rumah saya rusak sehingga sementara waktu mengevakuasi barang ke mushola ini," katanya Sabtu (11/7/2020).

Imam Chik Mushola Desa Pasir, ini menyampaikan, bahwa bencana dari laut demikian sebenarnya sudah terjadi beberapa waktu lalu dan saat ini merupakan memasuki musim puncak amarah gelombang menghantam perumahan.

Selain merendam rumah dan badan jalan desa setempat, banjir memaks warga setempat mengungsi, belum ada korban jiwa, akan tetapi kerugian harta benda sudah cukup besar, karena seluruh perabotan rumah tangga direndam air laut.

Kepala Desa Suak Indra Puri, Rosni Viantimala, menyampaikan, bahwa di desanya saja ad 30 unit rumah warga terdampak akibat banjir akibat fenomena alam pasang purnama yang menerpa kawasan pesisir daerah setempat.

"Ini belum puncaknya, mungkin dalam minggu ini yang kita khawatirkan bisa lebih parah. Kita meminta warga waspada dan menyelamatkan benda dan surat-surat berharga agar tidak terkena dampak lebih buruk," katanya di lokasi banjir rob. 

Pihak BPBD, TNI, Polri, Brimob, dan TNI AL juga terpantau di lokasi membantu evakuasi dalam penanganan tanggap darurat, di lokasi telah didirkan tenda pengungsian, dapur umum.

BPBD Aceh Barat mencatat dalam bencana ini terdampak lima desa yakni Desa Pasir, Suak Indra Puri, Ujong Kalak, Kampung Belakang dan Suak Ribee, Kecamatan Johan Pahlawan.

Data kerusakan sementara dilansir BPBD sebanyak 42 unit rumah warga mengalami rusak berat dan rusak ringan, sementara jumlah warga terdampak 1.641 jiwa dengan 437 Keluarga.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00