Satgas TMMD Nagan Raya Ikut Kupas Pinang Bantu Ekonomi Ibu Angkat

KBRN Nagan Raya: Kehadiran personel TNI di daerah pelaksanaan kegitan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke -108 tahun 2020 Kodim 0116/ Nagan Raya, Korem 012/ Teuku Umar, mulai membawa perubahan di lingkungan masyarakat.

Bukan hanya melaksanakan kegiatan pembangunan fisik dan non fisik, tetapi kehadiran Satuan tugas (Satgas) juga ikut menolong kegiatan ekonomi masyarakat miskin, terutama keluarga yang sudah menjadi orangtua angkat mereka selama kegiatan TMMD.

Pratu Edi, salah satu personel satgas dari Yonif 115/ Macan Lauser, yang tinggal di rumah seorang janda yang lanjut usia yakni Nek Nur Halimah, prajurit ini juga dapat merasakan bagaimana hidup dan tinggal dengan ibu asuh berekonomi sulit.

"Pagi hari sebelum berangkat ke lokasi kegiatan sasaran fisik, saya menyempatkan membantu mengupas buah pinang nenek Halimah," tutur Pratu Edi, Sabtu (4/7/2020).

Apa pekerjaan dan apa yang dimakan keluarga angkat tempat mereka tinggal, itu juga pekerjaan dan makanan mereka walau pun hanya satu bulan, beban keluarga berkurang karena anak angkat ini yang memberi belanja harian. 

Hadirnya seorang anak dalam sebuah keluarga secara logika saja kita berpikir bahwa hal itu akan membawa kegembiraan bagi orangtua.

Pada pelaksanaan TMMD Reg Ke-108 Kodim/ 0116/ Nagan Raya dipusatkan di Desa/ Gampong Tuwi Buya, Kecamatan Darul Makmur, kegiatan fisik pembukaan jalan 1.000 meter, pembuatan jembatan box cluvert 4 unit dan rehab 1 rumah layak huni.

Kemudian kegiatan non fisik berupa edukasi wawasan kebangsaan, penyuluhan kesehatan, pencegahan Covid-19 dan banyak kegiatan lain yang dimanfaatkan dalam waktu luang oleh tim satgas dalam membantu warga setempat. 

Pekerjaan itu dilaksanakan 30 hari atau satu bulan dan seluruh anggota satgas tinggal di rumah-rumah warga, berbaur dengan masyarakat, membangun bersama masyarakat dan ini salah satu strategi memupuk kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Dansatgas TMMD 108 Kodim 0116/Nagan Raya, Letkol Inf Guruh Tjahyono mengatakan personel satgas selama 30 hari tinggal dan menetap di rumah-rumah penduduk ini dimaksudkan agar terjalin hubungan emosional antara warga dengan personel satgas.

"Semoga dengan hadirnya TMMD di Desa Tuwi Buya ini memberikan nuansa tersendiri bagi warga dalam upaya membangun solidaritas, kekompakan dan budaya gotong royong," pungkas Dansatgas yang merupakan Dandim 0116/ Nagan Raya ini. (Foto Dok Kodim 0116/ Nagan Raya).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00