Aduwina Pakeh Menjadi Narsum di Kegiatan Komsos Dengan Komponen Masyarakat di Kodim 0105 Aceh Barat

KBRN, Meulaboh : Dosen Prodi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Teuku Umar (UTU) Aduwina Pakeh, S.Sos., M.Sc dipercaya untuk menjadi narasumber dalam Kegiatan Komunikasi Sosial Dengan Komponen Masyarakat diwilayah Kodim 0105/ Aceh Barat Tahun 2020. 

Kegiatan yang mengusung tema ”bergandengan tangan membangun negeri memperkokoh persatuan dan kesatuan” ini diikuti Perwira Staf Kodim 0105/Aceh Barat, Babinsa Kodim 0105/Aceh Barat, Tokoh Agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat Kab. Aceh Barat. 

Pada kesempatan tersebut, Aduwina memapar materi tentang pentingnya wawasan keagamaan dengan menanamkan nilai-nilai keagamaan yang bersifat terbuka dan toleransi dalam upaya mencegah provokasi dan hasutan dari pembentukan paham radikalisme/separatisme. 

Disamping wawasan kebangsaan, kita juga perlu mengetahui tentang wawasan keagamaan dalam konteks nasionalisme dan hidup bernegara. Wawasan keagamaan menekankan pentingnya kesadaran bahwa hidup ini akan bermakna menjadi selamat bahagia baik di dunia maupun akhirat bila berlandaskan keimanan dan ketaqwaan yang benar, selalu merasa dirinya diawasi oleh Allah SWT. Serta berusaha mengamalkan ajaran Islam secara benar. 

Pada dasarnya pendidikan agama itu dapat mencegah seseorang dari radikalisme, karena pendidikan agama cenderung memperkuat dan memperkokoh kesatuan dan persatuan bangsa. Karena tujuan pendidikan agama itu diantaranya  membangun potensi spiritual, membangun akhlak mulia, membangun warga global yang demokratis yang cinta damai dan membangun warga negara yang produktif.  Jelasnya

Kegiatan yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan keakraban hubungan antara Kodim 0105/Aceh Barat dengan komponen masyarakat untuk kepentingan pertahanan negara, guna terwujudnya NKRI yang berdaulat dan sejahtera dibuka langsung oleh Dandim 0105/Aceh Barat, Letkol Inf Nurul Diyanto, S.Pd. 

Dalam sambutannya Dandim 0105/Aceh Barat menyampaikan bahwa komunikasi sosial ini bertujuan menjaga tali silaturahmi antara prajurit Kodim 0105/Aceh Barat dengan komponen masyarakat yang ada di wilayah Kab. Aceh Barat. Hal ini tentu menjadi sangat penting dalam membantu kesulitan yang melanda masyarakat.

”Dalam sistem pertahanan, TNI sebagai tumpuan pertahanan dalam upaya yang efisien adalah dengan melakukan pembinaan teritorial, sebagai Tentara Nasional Indonesia tidak ada ego suku, ras dan golongan dalam tubuh TNI oleh karna itu disebut Tentara Nasional yang melalui proses dididik, dilatih dan dipersenjatai atas kepentingan Bangsa dan Negara oleh karna itu kemanunggalan TNI dan rakyat tidak dapat dipisahkan, Kondisi Aceh Barat saat ini sudah kondusif dan selamanya tetap kita jaga untuk tetap kondusif dengan berpedoman pada Pancasila.” Pungkasnya

Selain Dandim 0105 Aceh Barat, materi juga disampaikan oleh oleh perwakilan dinas kesehatan tentang sosialisasi penanganan Covid-19 di Aceh Barat dan materi dari Dinas Peternakan Aceh Barat yang menjabarkan program kerja dinas peternakan terkait pemberdayaan masyarakat. 

Dalam kegiatan komsos tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan guna mencegah penularan covid-19. Selain pemberian materi kepada para peserta, diserahkan juga paket kontak sosial kepada peserta kegiatan komunikasi sosial yang diserahkan secara simbolis oleh Pasiter Kodim 0105/Abar Kapten Inf Hendra Saputra

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00