Ketiga Korban Tenggelam di Laut Aceh Barat Ditemukan Meninggal

KBRN Meulaboh: Tiga warga Kabupaten Pidie yang hilang tenggelam setelah digulung gelombang di objek wisata Pantai Kuala Bubon, Kecamatan Samatiga, Kabupaten Aceh Barat ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

"Ketiga korban yang tenggelam di laut sudah ditemukan dan operasi pencarian telah ditutup," kata Kapolres Aceh Barat AKBP Andrianto Argamuda, melalui Kapolsek Samatiga Ipda Fachmi Suciandi, kepada RRI, Kamis (28/5/2020) di lokasi.

Ketiga korban hilang tenggelam yang telah ditemukan tim SAR gabungan pertama atas nama Munawarah (15) sekitar 500 meter dari Lokasi Kejadian Perkara (LKP) dan kondisi sudah terapung di permukaan air pada pukul 08.00 WIB.

Korban kedua ditemukan atas nama Aila Azura (13) sekitar 20 meter arah selatan dari LKP pukul 10.15 WIB dan korban ketiga ditemukan atas nama Riski Saputra (10) pada jarak 300 meter arah barat dari LKP.

Ketiga korban hilang tenggelam pada Rabu 27 Mei 2020 petang saat mandi bersama di pantai Kuala Bubon pertama Samsuardi (42) merupakan ayah dari Riski Saputra, kemudian dua keponakan Samsuardi yakni Munawarah dan Aila Azura.

"Dengan adanya peristiwa seperti ini kita mengharapkan masyarakat untuk sementara tidak bermain di pantai apalagi mandi laut karena kondisi gelombang dan angin barat saat ini terjadi gelombang tinggi," kata Ipda Fachmi Suciandi.

Direncanakan ke depan akan ditempatkan kembali rambu-rambu larangan mandi di kawasan pantai setempat, kemudian penataan jalur masuk kawasan pantai karena saat ini sangat terbuka dan warga mengabaikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Ipda Fachmi, juga telah membicarakan rencana tersebut dengan Camaty Samatiga Said Azmi saat berada di lokasi pantai terkait bagaimana penanganan objek wisata tersebut ke depan di tengah pandemi covid -19.

"Kejadian ini menjadi pelajaran bagi yang lain agar mengindahkan larangan. Kami sudah mengeluarkan larangan berkunjung dan mandi di pantai ini. Sudah kita laporkan kepada pimpinan untuk bagaimana pengelolaan ke depan," tambah Said Azmi.

Dalam pencarian ini dilakukan penyisiran laut oleh Tim SAR Meulaboh dan dibantu BPBD Aceh Barat serta Satpol Air, TNI-AL Pos Meulaboh, Koramil, Polsek Samatiga, tim PRB dan relawan RAPI serta masyarakat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00