Sebagian Umat Muslim di Aceh Sudah Berlabaran

KBRN Meulaboh: Umat muslim penganut Thariqat Syattariah di Provinsi Aceh sudah melaksanakan takbir Lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah/ 2020 Masehi, tapi banyak para jamaah shalat tidak menggunakan masker sebagai protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

"Alhamdulillah, kita sudah melaksanakan shalat Id 1441 Hijiriah dan hari ini pertama lebaran dengan semua saudara-saudara kita," kata Khatib Shalat Id Idul Fitri di Masjid Nagan Raya, Teuku Raja Keumangan, kepada wartawan, Sabtu (23/5/2020).

Pelaksanaan shalat Idul Fitri ini diikuti oleh seluruh murid dan tharekat Syathariah Abu Habib Muda Seunagan, mereka lebih awal merayakan Idul Fitri setelah melaksanakan 30 hari bilangan puasa karena juga lebih berpuasa dari umat muslim lainnya di Indonesia.

Pelaksanaan Shalat Idul Fitri tahun ini yang bertindak sebagai imam adalah Abu Said Kamaruddin, sedangkan Khatib di isi oleh Teuku Raja Keumangan yang saat ini merupakan anggota DPR Aceh saat ini.

Pelaksanaan shalat Id Idul Fitri 1441 H tersebut juga berlangsung di beberapa kabupaten lain yang terdapat pengikuti Tariqah Syattariah, seperti di Kabupaten Aceh Barat dan sekitarnya.

Namun sangat disayangkan, dari hasil pantauan dan terekam llensa kamera wartawan melihat sebagian jamaah shalat Id Idul Fitri 1441 H tidak menggunakan masker saat berlangsung shalat Id di Kompleks Masjid Peuleukung, Kecamatan Seunagan Timur, Kabupaten Nagan Raya.

Padahal, para jamaah sebelumnya telah dihimbau untuk tetap mematuhi protocol kesehatan di masa pandemi covid-19 agar menggunakan masker dan jaga jarak.

Himbuan tersebut, disampaikan langsung oleh Pengurus Mesjid Abu Habib Muda Seunagan, Kabupaten Nagan Raya, Abu Said Mirah. 

Himbauan juga disampaikan melalui spanduk, agar setiap jamaah yang akan mengikuti pelaksanaan shalat Id mencuci tangan dengan sabun pada tempat yang di telah disediakan di perkarangan masjid. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00