Irwan Djohan: Dana Pokir 6 Milyar Rupiah Sudah Saya Alihkan Sebagai Dana Pencegahan Covid-19 Aceh

KBRN, Banda Aceh:  Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Teuku Irwan Djohan mengalihkan dana pokok pikiran (Pokir)—sebelumnya disebut dana Aspirasi—Rp 6 miliar untuk penanganan Corona Virus Desease 2019 (Covid-19). Dana dimaksud sebelumnya diperuntukkan pada pelaksanaan program Aceh Sumatera Expo (ASPO) 2020 pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh.

Irwan menegaskan itu melalui surat Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) Nomor 77/FPPP/DPRA/III/2020, tanggal 24 Maret 2020, yang ditandantangani sendiri oleh Irwan Djohan selaku Wakil Ketua Fraksi PPP.

Pada surat yang ditujukan kepada Pimpinan DPRA dimaksud, Irwan menyatakan, sebagai Anggota DPRA yang mengusulkan Pokir di dalam APBA 2020, dirinya bermaksud mengusulkan perubahan Penyelenggaraan Kegiatan Aceh Sumatera Expo (ASPO) 2020 pada Dinas kebudayaan dan Pariwisata Aceh dengan total pagu Rp 6 miliar. Pokir tersebut dialihkan menjadi program yang lebih prioritas dalam kondisi Aceh saat ini, yang berkaitan langsung dengan upaya pencegahan serta penanganan Covid-19 pada Dinas Kesehatan Aceh.

“Saya mohon kepada Pimpinan DPRA untuk dapat meneruskan usulan perubahan Pokir saya ini kepada saudara Plt Gubernur Aceh dan Ketua Tim Anggaran Pemerintah Aceh (TAPA), agar dapat ditindaklanjuti sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” jelas Irwan Djohan kepada RRI Kamis (02/04/2020) melalui handpone selularnya kepada RRI.

Pertimbangan itu diambil Irwan lantaran kian meningkatnya penularan dan penyebaran Covid-19 di Aceh dalam satu bulan terakhir. Selain itu, berdasarkan kekhawatiran terhadap situasi ke depan yang diperkirakan semakin sulit dikendalikan.

Karena itu, Irwan menyarankan, agar Pemerintah Aceh perlu segera menerapkan berbagai kebijakan yang dapat mencegah penularan dan penyebaran Covid-19, serta menangani dampak bencana nonalam Covid-19 tersebut.

 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00