Pelaku Sosial Barat Selatan Aceh Kecewa RSUDCND Tidak Termasuk Dalam Surat Keputusan Gubernur Nomor 440/972/2020

KBRN, Meulaboh: Pemerintah Aceh melalui surat keputusan Gubernur bernomor 440/972/2020 secara resmi menunjuk 11 rumah sakit umum daerah menjadi rumah sakit rujukan penanggulangan Covid-19 Dari sebelas rumah sakit yang ditunjuk tersebut, Rumah Sakit Umum Daerah Cut Nyak Dhien Meulaboh tidak masuk dalam rumah sakit rujukan penanggulangan Covid-19.

Hanya saja rumah sakit yang ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan penanggulangan diwilayah Barat Selatan Aceh yakni RSUD Teungku Peukan Aceh Barat Daya, RSUD Sultan Iskandar Muda Nagan Raya, RSUD Yulidin Away Aceh Selatan.

"Sangat disayangkan untuk RSUD Cut Nyak Dhien tidak termasuk didalam keputusan Gubernur dalam penunjukan 11 rumah sakit rujukan diwilayah Aceh." Kata Rahmad Maulizar pelaku sosial wilayah Barat Selatan Aceh Kepada RRI Rabu (25/03/2020).

Katanya, seperti diketahui RSUD Cut Nyak Dhien sendiri mempunyai jenjang yang sama dengan RSUD Sultan Iskandar Muda Nagan Raya.

"Yakan sama sama tipe C, tapi kenapa RSUD Cut Nyak Dhien tidak masuk ada apa dan kenapa kita juga harus pertanyakan ini. Sebagaimana kita ketahui Meulaboh merupakan wilayah pintu utama diwilayah Barat Selatan Aceh tapi sayang kita sayangkan RSUD kita tidak masuk dalam penunjukan keputusan Gubernur."imbuhnya.

Sebenarnya apabila RSUCND dijadikan dan termasuk  sebagai rumah sakit penanganan Covid-19 diwilayah Barat Selatan Aceh, maka jika ada pasien yang diduga terinfeksi virus mematikan tersebut tidak perlu lagi dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh.

"ya kan jauh, berapa jam jarak yang harus ditempuh kalau ke Banda Aceh lagi, kan kasian untuk pasiennya sendiri."ujar Rahmat.

Dirinya berharap agar Pemerintah Kabupaten agar bisa duduk bersama dengan pihak RSUDCND untuk menkaji ulang dalam kendala kenapa RSUDCND tidak termasuk dalam surat keputusan Gubernur nomor 440/972/2020

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00